Amalan agar Segera Menikah

Penulis: Holid Hasan, S.Pd.*

Pernikahan merupakan suatu ibadah terlama yang sudah ada (disyariatkan)  sejak awal pertama kali manusia diciptakan. Ketika sudah memasuki usia dewasa, seorang manusia biasanya atau hampir pasti membutuhkan atau mengalami yang namanya pernikahan.

Dampaknya seseorang akan merasa gelisah dan galau apabila belum menemukan pendamping hidupnya. Selain karena faktor internal, keinginan menikah terkadang  juga muncul akibat desakan dari orang tua, atau dari tetangga dan kerabat kerja yang terus bertanya,,, kapan nikah? kapan nikah?

Menanggapi faktor di atas, seseorang akan mulai mencari dan berusaha untuk menemukan tambatan hatinya. Mulai dari minta bantuan teman, bergaul dengan lingkungan yang baru, atau bahkan mencari kenalan di media sosial.  Hal tersebut menjadi suatu hal yang lumrah, dan merupakan ikhtiar atau usaha yang dapat manusia lakukan.

(baca juga: Sambut Tahun Baru Islam, Lakukan Amalan Berikut)

Selain melakukan usaha yang sifatnya kemanusiaan, manusia juga tak bisa lepas dari usaha yang sifatnya ketuhanan yaitu dengan berdoa. Berikut doa atau amalan yang dikutip dari kitab Budurus Sa’adah karangan Sayyid Muhammad Amin bin Aidarus bin Abdullah bin Syaih Abi Bakar bin Salim yang dapat dilakukan agar kita segera dipertemukan dan dipermudah menuju suatu pernikahan.

Pertama: mengulang-ulang membaca surat Alqasas ayat 24, khususnya di tempat-tempat yang mustajab, dan diwaktu-waktu ijabah, seperti sepertiga malam. Ayatnya sebagai berikut:

رَبِّيْ إِنِّيْ لِمَا أَنْزَلْتَ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Kedua: salat dua rakaat di sepertiga malam, kemudian membaca يَاعَلِيُّ sebanyak 7000 dengan niat agar dipermudah menuju pernikahan.

Semoga bermanfaat, dan yang belum dipertemukan jodohnya mudah-mudahan segera dipertemukan dengan jodohnya, amin. Sebagai manusia, layaknya kita hanya bisa berusaha dan beroda, selebihnya hanya kita pasrahkan saja pada yang maha kuasa.

*Penulis adalah staf pengajar bimbingan membaca kitab kuning (BMK) MTs Unggulan Nuris

Related Post