Yuk Jaga Imun Tubuh! Simak Tips Berikut

Penulis: Juwita Indah*

Melindungi tubuh dari penyakit harus dengan cara memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas merupakan benteng pertahanan pertama dari berbagai kuman dan virus. Jika imun kita kuat,  kuman yang berusaha menyerang akan dapat dikalahkan sehingga tubuh terhindar dari infeksi dan kitapun tidak jadi sakit.

Apalagi di masa pandemic seperti sekarang ini, imun tubuh harus benar-benar di jaga supaya kita terhindar dari penyakit.

Kabar baiknya, menjaga daya tahan tubuh ternyata bisa dilakukan dengan sederhana. Menerapkan gaya hidup sehat, di antaranya mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, mengelola stres, serta cukup istirahat adalah kunci menjaga daya tahan tubuh. 

(Baca juga: manfaat kurma bagi kesehatan)

Nah yuk simak 6 cara menjaga imunitas berikut;
1. Istirahat cukup. Tidur yang cukup setiap hari sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Dalam situs Kompas dijelaskan bahwa tidur yang nyenyak atau berkualitas dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima, oleh karena itu siap melawan pathogen penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.  
2. Mengkonsumsi makanan bergizi. Asupan gizi seimbang berarti makanan yang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan seseorang. Sumber gizi terdapat di berbagai jenis makanan. Karena itu, semakin beragam jenis makanan yang dikonsumsi, semakin banyak juga jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

3. Mengelola stress. Kelola tingkat stres dengan mengetahui hal-hal atau tindakan apa yang dapat membuat suasana hati menjadi positif. Miliki tips ampuh mengelola stres agar produksi kortisol tidak meningkat. Contoh cara mengelola stres yaitu memiliki hobi, berolahraga, bertemu dengan teman, mengeluarkan unek-unek, melakukan perawatan diri, dan sebagainya.
4. Rajin berolahraga. Rajin berolahraga berdampak positif bagi kesehatan mental karena olahraga terbukti dapat meringankan stres, memperbaiki suasana hati, meningkatkan rasa percaya diri, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Sediakan waktu untuk berolahraga setiap hari selama minimal 30 menit.

(Baca juga: tips cegah tumit lecet ketika bersepatu)

5. Hindari merokok. Kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan. Di dalam rokok terdapat ribuan zat beracun yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Dalam situs Alodokter disebutkan bahwa perokok berisiko tinggi mengalami infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia.
6. Mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Memasuki pergantian musim, pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Selain terdapat di buah-buahan seperti jeruk, jambu, kiwi, dan buah beri, vitamin C juga ada di sayuran seperti bayam, brokoli, paprika, dan tomat. Bila perlu, Anda dapat menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Sumber gambar: qoala.app

Penulis merupakan siswa kelas XI IPS SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post