Manfaat Terapi dengan Air Dingin

Penulis: Juwita Indah*

Air dingin atau air es yang memiliki suhu sekitar 15 derajat celcius, dapat digunakan sebagai terai untuk pengobatan sekaligus meningkatkan kesehatan. Terapi air dingin bisa juga disebut cryotherapy termasuk jenis metode yang digunakan untuk mempercepat pemulihan dari beberapa kondisi tertentu, seperti stres, keseleo otot, hingga peradangan dan nyeri.

(Baca juga:Ini dia enam manfaat buah pear)

Selain itu, terapi air dingin juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi peradangan, dan meningkatkan energi dalam tubuh.

Meski terkesan dingin dan bikin menggigil, berendam air dingin justru memberikan manfaat baik bagi tubuh dan pembuluh darah. Nah yuk simak berikut manfaat terapi air dingin untuk kesehatan.

Pertama, mengurangi gejala asma atau sesak napas. Bagi penderita asma berendam di air dingin dapat meningkatkan pernapasan. Terapi ini membantu meningkatkan laju metabolisme, konsumsi oksigen, dan fungsi otot pernapasan, sehingga memperbaiki gejala asma. Beberapa penelitian menyebutkan, berenang di musim dingin dapat membantu meredakan sakit asma pada perenang.

Kedua, dapat mengatasi stress. Terapi air dingin juga dikenal dapat meningkatkan efek psikologis. Apalagi jika dikombinasikan dengan terapi lainnya, seperti relaksasi, pijat, dan aromaterapi yang membantu meningkatkan kemampuan tubuh sehat secara alami. Terapi air dingin membantu memberikan relaksasi mental, kelelahan mental, kecemasan, depresi, dan meningkatkan kualitas hidup.

(Baca juga: manfaat musik bagi kesehatan)

Ketiga, meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan, paparan cuaca dingin atau air dingin dapat menurunkan risiko penyakit jantung, seperti penyakit arteri koroner, gagal jantung, dan tekanan darah tinggi pada orang dewasa yang sehat. Terapi tersebut dapat membantu meningkatkan aliran darah koroner secara efektif bila didukung dengan olahraga teratur.

Nah itu tadi beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika kita melakukan terapi air dingin, selamat mencoba ya, semoga bermanfaat.

Sumber gambar: kompas.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPS SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post