Di Uji Mantan Rektor, Alumni Ini Raih Gelar Sarjana Sains Tepat Waktu

Suka Dunia Sains sejak di MA Unggulan Nuris, Lulus Membanggakan

Pesantren Nuris – Kali ini, kabar gembira datang dari salah seorang alumni MA Unggulan Nuris Jember tahun 2017. Ia baru saja menuntaskan pendidikan tinggi S-1-nya dalam sebuah sidang via virtual.

Tugas akhirnya ia mengambil konsentrasi Algoritma, dengan judul penelitian “Penerapan Algoritma Modified Migrating Birds Optimization Pada Permasalahan Multi-Depot Capacitated Vehicle Routing”.

“Saya mengambil judul itu bukan tanpa alasan, yang pertama karena memang suka ke materinya, dan kebetulan pembahasan itu belum ada yang menelitinya. Sehingga ketika pengajual judul di semester 7 kemarin, sama dospem langsung di-ACC,” ungkapnya.

Perempuan pemilik nama lengkap Dini Nur Washilah ini mengaku sangat bersyukur bisa menuntaskan studinya tepat waktu. Melihat prodi yang diambilnya terkenal sulit, yakni Matematika murni. Namun, berkat keuletannya dia bisa kelar di akhir-akhir semester 8.

(baca juga: Kuliah di Mesir dengan Beasiswa, Aktif di Lembaga, Aktif di Lembaga Dakwah Nahdliyin Speech Club)

“Sedari MA dulu saya sudah menyukai dunia sains, makanya saya ambil jurusan IPA. Tak menyangka juga bisa lulus tepat waktu di prodi yang sedikit peminatnya ini. Teman seangkatan sayapun masih terbilang sedikit yang lulus, dan alhamdulillah saya salah satunya, bersyukur bangett”

Lulus dengan penuh drama terlebih dahulu, perempuan asal Situbondo ini juga menuturkan banyak rintangan yang harus ia lalui. Mulai dari keadaan pandemi yang membuat bimbingan tidak pasti, dosen pembimbing, hingga ketika sidang diuji mantan rektornya.

“Kalau rintangan pasti ada lah yaa, harus bimbingan bolak-balik pada dospem. Karena dapat dospem yang perfeksionis, harus perfect dalam hal apapun, ini yang menjadi tantangan berat saya.”

“Ditambah para penguji ketika saya sidang terkenal kolot pada mahasiswa, salah satunya Pak Hasan mantan rektor Unej yang fun-nya memang di sains. Semua hal saya kira ada rintangannya tersendiri, jika mau lolos itu tergantung orangnya sendiri. Yang penting hadapi dan jangan lupa persiapkan,” tuturnya seperti ingin memotivasi yang lain.

Selamat atas sidangnya, semoga bisa menjadi sarjana yang amanah, dan mendapat ilmu yang bermanfaat amin ya rabbal alamin.[IrfanSholeh]

Nama              : Dini Nur Washilah

Lembaga         : MA Unggulan Nuris, jurusan IPA, tahun 2017

Kuliah             : Prodi Matematika, FMIPA, UNEJ

Related Post