Dasar Ucapan Selawat kepada Nabi Saw, Keluarga, dan Sahabatnya

Membaca selawat kepada Nabi Muhammad Saw. diperintahkan oleh Allah Sw.t di dalam al Quran, Allah Swt. berfirman:

إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا (الأحزاب، 56)

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al Ahzab, 56)

Nabi Saw memberikan contoh redaksi selawat sebagai berikut:

” قُوْلُوْا: اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. (رواه النسائي، 9/ 25)

Dari Abu Hurairah Ra berkata bahwa kami bertanya kepada Rasulullah Saw bagaimana cara membaca Selawat kepada engkau wahai Rasulullah? Rasulullah menjawab ucapkanlah: “Ya Allah limpahkanlah anugerah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya dan berikanlah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan anugerah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau maha terpuji dan maha mulia.” (HR. Nasa’i, juz 9 hal. 25)

Dalam riwayat yang lain Nabi Saw tidak menyebutkan kata “Âlu” (keluarga), sebagai gantinya adalah “Azwaj” (para istri) dan “Dzurriyah” (keturunan) sebagaimana disampaikan oleh al-Bukhâri berikut ini:

عن أَبِيْ حُمَيْدٍ السَّاعِدِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّهُمْ قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ كَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” قُولُوا: اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ” (رواه البخاري، 4/ 146)

Dari Humaid Assaidi RA meriwayatkan bahwa para sahabat bertanya bagaimana cara membaca Selawat kepada engkau wahai Rasulullah? Rasulullah menjawab ucapkanlah: “Ya Allah limpahkanlah anugerah kepada Nabi Muhammad dan para istri beliau dan anak keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberikan anugerah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Berikanlah keberkahan kepada Nabi Muhammad, Para Istri beliau dan anak keturunannya, Sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau maha terpuji dan maha mulia.” (HR. Al-Bukhari, juz 4 hal. 146)

(baca juga: Membaca Surat Al Kahfi dan Selawat pada Hari Jumat)

Sedangkan membaca Selawat kepada sahabat Nabi Saw. itu dicontohkan oleh Beliau sementara meneladani Nabi Saw merupakan perbuatan yang dianjurkan di dalam al Quran. Berikut firman Allah Swt:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيرًا. [الأحزاب: 21]

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari akhir dan dia banyak berzikir kepada Allah. (QS. Al-Ahzab, 21)

Al Quran juga menganjurkan untuk membaca Selawat kepada orang-orang baik, misalnya para sahabat Nabi dan para tabiin. Firman Allah Swt:

وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلاَتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ وَاللهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ. (التوبة، 103)

Berselawatlah untuk mereka, sesungguhnya selawatmu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Taubah, 103)

Ibnu Katsir menafsirkan ayat tersebut sebagai berikut:

وَقَوْلُهُ (وَصَلِّ عَلَيْهِمْ) أَيْ اُدْعُ لَهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ كَمَا رَوَاهُ مُسْلِمٌ فِي صَحِيْحِهِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أُتِيَ بِصَدَقَةِ قَوْمٍ صَلَّى عَلَيْهِمْ فَأَتَاهُ أَبِي بِصَدَقَتِهِ فَقَالَ “اللهم صَلِّ عَلَى آلِ أَبِي أَوْفَى “. (تفسير ابن كثير، ج 2 ص 400)

Adapun firman Allah Swt (wa shalli ‘alaihim) artinya berdoalah dan minta ampunlah kamu untuk mereka sebagaimana Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab shahihnya dari Abdullah bin Abi Awfa’ dia berkata: Nabi Saw jika diberi sedekah oleh suatu kaum, maka beliau membaca Selawat (berdoa) untuk mereka. Lalu ayahku memberikan sedekahnya kepada beliau dan beliau berdoa, Ya Allah, berilah kesejahteraan kepada keluarga Abi Aufa (sahabat nabi). (Tafsir Ibn Katsir, Juz II, 400)

Bahkan dalam sebuah riwayat, Nabi tidak hanya membaca Selawat kepada sahabat beliau, tetapi juga membaca Selawat untuk semua orang Islam baik laki-laki maupun perempuan.

عَنْ أَبِي سَعِيْدِ الْـخُدْرِي، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ أَيُّمَا رَجُلٍ مُسْلِمٍ لَم يَكُنْ عِنْدَهُ صَدَقَةٌ، فَلْيَقُلْ فِي دُعَائِهِ: اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ، وَصَلِّ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَات، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ. فَإِنَّهَا لَهُ زَكَاةٌ. (رواه البخاري فى الأداب المفرد، 192)

Diriwayatkan dari Abi Said al Khudri dari Nabi Saw beliau bersabda: “setiap laki-laki muslim yang tidak mampu bersedekah maka hendaklah membaca doa berikut ini yang artinya: Ya Allah anugerahkanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad hamba-Mu dan utusan-Mu dan anugerahkan rahmat-Mu pula kepada orang yang beriman baik laki-laki maupun perempuan dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan”. Sesungguhnya doa tersebut bernilai sedekah. (HR. Al Bukhari, Al Adab Al Mufrod, 192)

Al Sakhawi menjelaskan kebolehan membaca Selawat kepada selain Nabi Saw. beliau mengutip pendapat al Hafidz Ibnu Asakir:

وَقَالَ أَبُو الْيُمْنِ بْنُ عَسَاكِرَ وَقَالَتْ طَائِفَةٌ (عَنِ الصَّلَوَاتِ عَلَى غَيْرِ الْأَنْبِيَاءِ) يَجُوْزُ مُطْلَقًا وَ هُوَ مُقْتَضَى صَنِيْعِ الْبُخَارِي حَيْثُ صَدَّرَ بِالْآيَةِ وَهِيَ قَوْلُهُ تَعَالَى وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ثُمَّ عَلَّقَ الْـحَدِيْثَ الدَّالَّ عَلَى الْـجَوَازِ مُطْلَقًا وَعَقِبَهُ بِالْـحَدِيْثِ الدَّالِّ عَلَى الْـجَوَازِ تَبْعًا (القول البديع في الصلاة على الحبيب الشفيع، ص 55)

Abu al-Yumni ibnu Asakir berkata: satu golongan mengatakan (tentang membaca Selawat kepada selain para Nabi) bahwa hal tersebut boleh secara mutlak (baik bersamaan dengan Selawat kepada Nabi ataupun tidak). Hal itu adalah apa yang dilakukan oleh Imam al-Bukhâri ketika mengawali dengan ayat yaitu wa shalli ‘alaihim (hendaklah kamu membaca Selawat untuk mereka). Lalu beliau mengaitkannya dengan hadis yang membolehkannya secara mutlak dan menambahkan hadis yang membolehkannya secara tab’an (bersamaan dengan Selawat kepada Nabi Saw). (al-Qawl al-Badi’ fi al-Shalah ‘Ala al-Habib al-Syafi’i, 55)

Dengan demikian menjadi jelas bahwa membaca selawat kepada Nabi Saw., keluarga, dan sahabatnya itu mempunyai landasan yang bisa dipertanggungjawabkan dari al Quran dan sunah Nabi Saw.[AF.Editor]

*Terjemahan Kitab Tarbiyatus Shibyan oleh KH. Muhyiddin Abdusshomad

Related Post