Meneruskan Amanah dari Kanjeng Sunan Drajat

Penulis: Alifatul Rachma*

Siapa sih yang gak kenal sama Sunan Drajat (Raden Qosim)? Nah, sahabat santri semua, Sunan Drajat memiliki amanah tentang pondoknya yang sekarang diasuh oleh kiai yang masih memiliki ikatan keturunan dengan Sunan Drajat. Siapakah beliau? Mari sahabat santri simak profil kiai yang meneruskan amanah kanjeng Sunan Drajat.

Prof. Dr. KH. Abdul Gofur sosok kiai yang meneruskan  amanah dari Sunan Drajat. Beliau lahir di Paciran, Lamongan, 12 Februari 1951. Beliau adalah pengasuh dari Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Kiai Gofur adalah keturunan ke-14 dari Sunan Drajat. Kiai Gofur juga salah satu penasihat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur. Pesantren yang diasuhnya sekarang adalah pesantren satu-satunya peninggalan Wali Songo yang masih ada dan merupakan pesantren yang memiliki santri terbanyak di Indonesia.

(baca juga: Cinta Sahabat Nabi Muhammad SAW, Harus Tahu Alasan Ini)

KH. Abdul Gofur merupakan putra pasangan H. Martokan dan Ibu Hj. Siti Kasiyani. Beliau juga seorang ulama, ilmuawan, dan pesilat. Beliau juga adalah pengusaha yang sukses, mempunyai beberapa perusahan, misalnya penambangan kapur, penggalangan kapal laut, usaha pengrajinan kayu, industri pupuk, peternakan sapi, usaha bordiran, pembuatan air mineral (aidrat), jus (mengkudu sunan), pembudayaan ikan lele, pembuatan madu asma “Tawon Bunga”, dan masih banyak lagi, hingga perusahannya terkenal hingga ke luar negara.

Nah sahabat santri itulah sekilas dari kehidupan Prof. KH. Abdul Gofur, gimana masih penasarankah tentang penerus dari Kanjeng Sunan Drajat bahkan beliau pun sudah mendirikan pondok sejak 1977 dan pondok tersebut bernama Pondok Pesanteren Sunan Drajat, berada di daerah Banjaranyar, Banjarwati, Paciran, Lamongan, Jawa Timur.[]

*Penulis adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Nuris Jember dan aktif di kegiatan jurnalistik Nuris

Related Post