Tertarik Dunia Hukum, Alumni Ini Ingin Lanjut S2 Setelah Lulus

Kuliah dan Mengabdi, Alumni Ini Atur Waktu Sebaik Mungkin

Pesantren Nuris- Alumni Nuris yang satu ini memiliki kisah yang cukup menarik, sempat dipaksa kuliah jurusan hukum oleh orangtuanya, sekarang malah ketagihan belajar ilmu hukum. Yuk simak profilnya!

Aila Lailatul Jannah, atau akrab dipanggil Aila merupakan alumni SMA Nuris Jember jurusan IPS, lulusan tahun 2020. Ketika menjadi siswa SMA Nuris Jember ia sempat aktif di ekstrakurikuler sains bidang geografi.

Setelah lulus, ia lantas melanjutkan pendidikannya di Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jember.

“Alasan saya mengambil jurusan ini karena saya ingin menegakkan keadilan, karena sekarang seakan-akan hukum tidak berlaku untuk orang kaya, dan para pejabat negara, niat saya ingin menegakkan keadilan pada lingkup kecil dahulu lalu ke lingkup besar, dan saya tertarik dengan pembelajaran pasal, debat, menyelidiki masalah,” ungkapnya.

(Baca juga: selamat dan sukses alumni nuris rampungkan sidang tugas akhir)

Aila mengaku menjadi mahasiswa hukum merupakan pengalaman baru yang seru, meski awalnya ia dipaksa memilih jurusan ini oleh kedua orangtuanya.

“Menjadi Mahasiswa seru, apalagi di fakultas hukum. Dikarenakan saya sendiri suka menyebutkan pasal, dan banyak pengalaman baru yang saya dapatkan. Menjadi mahasiswa di latih untuk mandiri. Kalau boleh cerita, awalnya saya di fakultas hukum itu disuruh oleh kedua orangtua, dan saya manut perintah orang tua, dan Alhamdulillah akhirnya saya sekarang sudah senang dan tertarik di jurusan hukum, bahkan saya pengen melanjutnya S2 Fakuktas Hukum. Harapan saya, saya ingin menjadi sukses dunia dan akhirat, bisa berguna bagi nusa, bangsa, dan negara,” ungkapnya.

Aila juga bercerita bahwasannya ia merasa bosan melakukan kuliah online di masa pandemi ini. “Kuliah online membosankan menurut saya, jujur saya lebih suka kuliah offline di karenakan kita bisa lebih paham dengan materi yang disampaikan dosen, dan kita bisa memperaktekkan apa yang di perintahkan oleh dosen secara jelas,” tuturnya.  

(Baca juga: suka fotografi dan ilmu pertanian alumni ini pilih prodi penyuluhan pertanian)

Tak hanya aktif sebagai mahasiswa, Aila juga aktif di organisasi. “Saya di kampus ikut di devisi lab hukum, yakni saya mencari informasi tentang permasalahan yang sedang menjadi tren, dan nanti oleh devisi lain akan di bahas,”

Selain itu, Aila juga mengabdi di Pesantren Nuris Jember di Asrama Putri Dalem Timur, menjadi pengurus di bagian ubudiyah.

“Mondok di Nuris itu sangat mengesankan, di sini saya diajarkan tentang akhlakul karimah, menambah wawasan saya, dan saya sangat bangga sebagai alumni masih bisa mengabdikan diri di Nuris.  Meskipun harus mondok sembari kuliah, Alhamdulillah saya bisa menjalani keduanya, kalau antara pekerjaan pondok dan kuliah tidak pernah bersamaan, jika memang bersamaan saya kerjakan yang lebih penting dulu, semoga kedepannya saya tetap istiqomah dan bisa merampungkan kuliah saya dengan baik,” ujarnya. [Red.Dev]

Nama: Aila Lailatul Jannah
Tempat, tanggal lahir: Jember, 25 Juni 2002
Alamat: Sukowono – Jember
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2020
Kuliah: S1 Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jember.

Related Post