Ingin Bantu Anak-anak Putus Sekolah, Alumni Ini Kuliah di Kota Apel

Mantap! Alumni MA Unggulan Nuris Ini Lolos Jalur SNMPTN di Universitas Negeri Malang

Pesantren Nuris- Alumni Nuris yang satu ini merupakan gadis kelahiran Bondowoso, lulusan MTs Unggulan Nuris, 2018 dan MA Unggulan Nuris Jember, lulusan tahun 2021. Saat ini ia tercatat menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Malang, melalui jalur SNMPTN. Wah ini dia profilnya!

Robiatul Adawiyah, atau akrab dipanggil Robi ini merupakan alumni MA Unggulan Nuris, semasa nyantri di Pesantren Nuris Jember, ia juga aktif membantu menjadi pengurus pesantren di bagian kesehatan dan bendahara program bahasa asrama dalem timur. Selain itu, ia juga aktif di ekstrakurikuler kitab dan Olimpiade bahasa arab.

Setelah lulus dari MA Unggula Nuris, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yakni di Universitas Negeri Jember, jurusan Pendidikan Luar Sekolah.

“Jurusan Pendidikan luar sekolah atau PLS ini mempelajari problematika pendidikan, pemberdayaan masyarakat, manajemen pelatihan, serta bidang ilmu lainnya yang mencakup bidang pekerjaan sosial. Prospek kerja dan lingkup kerja lulusan PLS juga sangat  luas. Peluang lulusan PLS nantinya dapat menjadi penilik pendidikan masyarakat, Dirjen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Fasilitator PAUD, tenaga lapangan pendidikan masyarakat. Nah hal itu yang membuat saya yakin mengambil jurusan ini, karena saya mempunyai cita-cita bisa memberdayakan masyarakat dan anak yang putus sekolah atau belum pernah mendapatkan pendidikan formal,” ungkapnya.

(Baca juga: super sekali! jabat direktur lembaga pers dan penerbitan pw ipnu jawa timur alumni ini juga wakil ketua pc ipnu jember)

Gadis manis kelahiran Bondowoso, 19 Juni 2002 ini mengaku, sangat bersyukur mendapat kesempatan menjadi mahasiswa.

“Saya sangat bahagia, dan bersyukur. Karena menjadi mahasiswa ini kita tidak hanya belajar dewasa karena usia, tapi karena keadaan yang mengharuskan kita dewasa, banyak informasi baru yang saya dapatkan, karena diperkuliahan kita lebih banyak berdiskusi dan harus mempunyai banyak pengalaman kehidupan,” ujarnya.

Ia juga merasa sangat sedih masih harus melaksanakan kuliah daring.

“Sedih, karena saya belum bisa menjadi mahasiswa yang sebenarnya dan apa yang sudah direncanakan ketika sudah masuk di perkuliahan belum bisa dipraktikkan langsung,” ungkapnya.

“Harapan saya kedepannya, semoga saya bisa menerapkan ilmu yang saya dapat kepada diri saya sendiri dan orang lain, bisa memberi manfaat bagi orang lain,”

(Baca juga: bercita-cita mulia, alumni ini ingin bangun madrasah)

Tak hanya itu, Robi juga memberikan kesan selama pernah nyantri di Pesantren Nuris Jember. “Sangat bahagia karena di Nuris tidak hanya diajarkan ilmu formal, tapi juga diajarkan ilmu agama, akhlak dan mengembangkan minat dan bakat dengan kegiatan ekstrakurikuler. Semoga Nuris semakin Jaya dan bisa mengantarkan alumninya menjadi orang yang bermanfaat,” ungkapnya. [Red.Dev]

Nama: Robiatul Adawiyah
Tempat, tanggal lahir: Bondowoso, 19 Juni 2002
Alamat: Sumbersari-Jember
Lembaga: MTs Unggulan Nuris, 2018 dan MA Unggulan Nuris, 2021
Kuliah: S1 Pendidikan Luar Sekolah, FIP, Universitas Negeri Malang

Related Post