Cetak Generasi Ulama Aswaja yang Alim, Siswa MA Unggulan Nuris Hafal 1002 Bait Nazam Alfiyah Ibnu Malik

Pendampingan Intensif dan Metode Pembelajaran Kitab Kuning Tersistem, MA Unggulan Nuris Sukses Bidik Siswa Khatam Kitab Alfiyah

Pesantren Nuris – Program Unggulan Kitab Kuning MA Unggulan Nuris sukses membidik siswa dalam mengkhatamkan nazam kitab Alfiyah Ibnu Malik. Total 24 siswa yang duduk di kelas X PK 1 mampu menghafal 1002 bait dalam waktu kurang dari setahun pelajaran.(11/4/2022)

Kesuksesan lembaga yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo dalam membidik siswanya mencapai target hafalan nazam kitab Alfiyah ini, tak lepas dari program pendampingan yang tersistematis sebagai upaya mewujudkan visinya mencetak generasi ulama aswaja (ahlussunnah wal jamaah) yang alim.

“Sebagai salah satu program unggulan kami di MA Unggulan Nuris adalah membendung pemahaman yang menyimpang dari sunnah Rasulullah yang kini semakin marak, dan mencetak pejuang aswaja yang paham kitab kuning dan mampu mengamalkannya. Bahkan dalam pendidikan formal kami memasukkan pelajaran retorika aswaja sebagai nilai lebih.” Tutur Ning Balqis Al Humairo.

(baca juga: Bawa 2 Piala Porseni Tingkat Provinsi, MA Unggulan Nuris Sumbang Medali untuk Kabupaten Jember)

Lebih lanjut lagi, beliau mengatakan, “Kelas PK di MA Unggulan Nuris adalah kelas kader sebagai pencetak generasi ulama yang alim yang mampu menjawab tantangan zaman. Semoga dengan tercapainya target khatam kitab Alfiyah ini menjadi momentum untuk semakin meningkatkan semangat belajar dan memahami kitab klasik lainnya.”

Kesuksesan siswa kelas program unggulan kitab kuning dalam mencapai target ini menjadi angin segar bagi MA Unggulan Nuris. Ini semakin memudahkan mereka untuk mengkaji kitab klasik lainnya semisal kitab Fatkhul Qorib, juga berikutnya kitab Fatkhul Muin. Kitab-kitab tersebut merupakan kitab yang memang banyak dipelajari di hampir seluruh pesantren di nusantara.

Shofuro Zamzamy Ulin Najwa, salah satu siswa kelas X PK 1 MA Unggulan Nuris berkomentar, “Alhamdulillah bisa mengkhatamkan nazam kitab Alfiyah Ibnu Malik. Semoga membawa berkah dan semakin diberi kelancaran dalam mengkaji kitab-kitab lainnya. Saya bersyukur berada di kelas ini dan ikut program unggulan kitab kuning MA Unggulan Nuris.”[AF.Red]

Daftar Nama Siswa Khatam dan Hafal 1002 Bait Nazam Kitab Alfiyah Ibnu Malik
Achmad Dzaki Yahya N.
M. Akmalur Rosyidin
M. Zidni Mubarok
Moch. Ilfiansyah
M. Handika Sutiyono
M. Ainun Sapta
M. Roy Davin
Nizar Farel F.
Argitia Shinta W.
Dayyis Kauna G
Dinda Amiliyatul M
Iftitah Dian Humairoh
Laila Yasmine
Maulani Nur Zahrotul J
Miftakhu Nur Arifa
Nahilda Reza A
Putri Nor Intan M
Rahmatil Fajriyah
Raya Mahdiyah Da’at K
Risalatul Muawanah
Saniyyah Sahiroh A
Shela Nabila
Shofuro Zamzamy Ulin Najwa
Wafiq Azizah Majidatul U.  

siswa kelas X PK 1 MA Unggulan Nuris (putra)
Related Post