Selamat dan Sukses, Alumni Nuris Resmi Sandang Gelar Magister Hukum

Kuliah Pascasarjana Sembari Bekerja, Alumni Ini Selangkah Lagi Jadi Advokat

Pesantren Nuris- Kabar bahagia dan membanggakan datang dari alumni MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2021. Pasalnya ia baru saja merampungkan sidang tesisnya lho! Yuk kepoin profilnya!

Cholis Rosyidatul Husnah, gadis manis yang akrab dipanggil Cholis ini merupakan alumni MA Unggulan Nuris,  lulusan tahun 2015. Setelah lulus dari MA Unggulan Nuris, Cholis memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yakni di UIN khas Jember,  Fakultas Syariah, prodi hukum keluarga, dan pada 2019 lalu ia berhasil lulus sarjana.

Setelah lulus sarjana, Cholis tak lantas berhenti sampai di situ, ia bertekad melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister, ia pun memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S2 nya di jurusan yang sama, yakni pascasarjana UIN Khas Jember prodi hukum keluarga (S2).

Di tesisnya ia mengambil judul Tesis “Konsep Ketahanan Keluarga Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam Perspektif Ekofeminisme Greta Gaard dan Maqashid Syariah Jamaluddin Athiyah”

Ia mengaku mengambil judul tersebut karena ingin memperdalam keilmuannya di bidang ini yang sudah ia pelajari di pendidikan S1 nya. “Ya tujuan saya untuk memperdalam keilmuan di Strata Satu. Karena memangsama ambil prodinya,” ungkapnya.

Sidang tesis berjalan lancar dan secara offline pada Rabu, 15 Juni 2022 kemarin.

(Baca juga: pelajari-hukum-alumni-ini-bercita-cita-jadi-jaksa)

Cholis mengaku sangat bersyukur dapat menyelesaikan tugas akhir tesisnya dengan baik. “Alhamdulillah tentunya sangat bersyukur, akhirnya dapat menyelesaikan studi dengan baik. Artinya dapat memberikan laporan pertanggung jawaban ke orangtua dengan baik, dan saya berharap kedepannya bisa tetap menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain,” ungkapnya.

Ia juga mengisahkan bahwa, ia tertarik dengna dunia hukum sejak awal ia menjadi mahasiswa. “Ya sejak awal kuliah, sejak saya awal mengenal hukum. Dulu sebelum kuliah emang sengaja ambil hukum keluarga. Simpel sih, kalau ndak kerja di praktisi hukum ya berarti jadi istri solihah. Gitu dulu. Lambat laun sejak jadi mahasiswa,  terus kenal sama senior yang sudah jadi praktisi hukum akhirnya tertarik di dunia hukum.  Karena berjuang dan mengabdi di masyarakat dengan standard keilmuan yang dimiliki ternyata lebih nikmat. Dan alhamdulillah sampai hari ini setiap hari menangani perkara hukum di pengadilan agama. Ya meskipun masih berkutat di hukum perdata islam. Belum ke pidana dll,” tuturnya.

Gadis cerdas asal Wuluhan Jember ini ternyata bukan mahasiswa biasa lo, selain fokus melanjutkan pendidikan S2 nya ia juga bekerja di salah satu Pos Bantuan Hukum Pengadilan Agama Jember, dan juga bergabung di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam UIN Khas Jember.

“Iya saya kuliah S2 sembari bekerja, saya bekerja di pos bantuan hukum pengadilan agama Jember. Dan bergabung juga di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI UIN Khas Jember). Setelah lulus , saya ingin mengalir saja seperti air, ingin tetap di bidang hukum. Kemaren bulan Februari 2022 itu, saya sempat ikut pendidikan profesi advokat yang di adakan DPC Apsi (Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia) Jember. Tinggal tunggu sumpah profesinya. Jadi sekarang fokus dan berkutat di praktisi hukum,” ungkapnya.

(Baca juga: calon-psikolog-alumni-ini-tertarik-pelajari-perilaku-manusia)

Meski demikian, tak lantas membuat nilainya anjlok, sebaliknya Cholis malah mendapat IPK yang fantastik yakni 3.90. keren sekali bukan!

Tak hanya itu, ia juga memberikan sedikit pesan untuk adik-adik santri Pesantren Nuris Jjember. “Untuk adik-adik Jangan berhenti belajar. Manfaat akan seluruh peluang yang ada. Dan tetap selalu bermanfaat untuk orang lain. Oh iya. Apapun itu mintak doa ke orangtua dan tawassul ke kyai Muhyidin Abdussomad jangan sampai lupa,” ungkapnya.

Selamat untuk Cholis atas gelar S2 nya, semoga amanah dan sukses selalu ya, amin ya rabbal alamin. [Red.Dev]

Nama : Cholis Rosyidatul Husnah
Tempat, tanggal lahir : Jember, 04 April 1997
Alamat : Wuluhan Jember
Lembaga: MA Unggulan Nuris, 2015
Kuliah : S1 Hukum Keluarga UIN Khas Jember (2019), S2 Pascasarjana UIN Khas Jember Prodi Hukum Keluarga (2022)
Karier: Praktisi Hukum di pos bantuan hukum pengadilan agama Jember. Dan bergabung juga di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI UIN Khas Jember)

Cholis berfoto bersama dosen pembimbing dan penguji sidang tesisnya
Cholis berfoto bersama teman-temannya setelah sidang tesis
Related Post