Pernah Berpartisipasi dalam Kepanitiaan Kemah Bahasa Arab se-Jawa Bali, Kini Sukses Raih Gelar Sarjana

Ingin Patahkan Pernyataan Lulusan BSA tak Laku di Pasaran, Alumni ini Mampu Lulus Cum Laude

Pesantren Nuris – Lulusan MA Unggulan Nuris tahun 2018 ini sedang berbahagia dan bangga bisa menuntaskan pendidikan sarjana di UIN Khas Jember. Tak tanggung-tanggung, gadis cantik ini lulus dengan predikat cum laude dengan raihan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3, 58. Siapakah gerangan? Ayo baca profilnya Gaisss!

Lina Toyyibatul Unzi, menempuh pendidikan sarjana Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Khas Jember seusai tamat dari lembaga yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo. Keinginan dan cita-cita yang kuat dalam mempelajari bahasa, sastra dan budaya Arab, membuatnya yakin mendaftar di jurusan tersebut lewat jalur prestasi SPAN-PTKIN.

“Alhamdulillah lolos masuk kuliah tanpa tes pada jurusan BSA ini. Sebenarnya sempat ada yang bilang kalau jurusan BSA itu tak laku di pasaran serta sulit dipelajari. Saya ingin menepis itu semua, toh ilmu itu tak ada yang mudah, tetapi selama kita mencintai apa yang kita jalani insyaallah semua akan dimudahkan.” Tutur perempuan kelahiran Jember, 06 Mei 1999 tersebut.

(baca juga: Kuliah di Mesir dengan Beasiswa, Aktif di Lembaga Dakwah Nahdliyin Speech Club)

Menjalani kuliah sesuai dengan minat dan cita-cita membuat pemudi asal Desa Langkap, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember ini nyaris tanpa hambatan untuk merampungkan studi dan skripsi. Ia pun mempertanggungjawabkan skripsinya di hadapan dosen penguji pada 30 Juni 2022 lalu serta resmi menjadi sarjana.

Selama kuliah ia juga merasa banyak mendapat pengalaman yang menarik misalnya, keterampilan alih bahasa, diplomasi, dan mengkaji manuskrip syair prosa Arab. Konon ia juga sempat mendapat pengalaman berharga saat ikut terlibat dalam kepanitiaan kegiatan spektakuler Kemah Bahasa Arab se-Jawa Bali pada tahun 2019 lalu.

Kini ia tinggal menunggu jadwal wisuda serta mempersiapkan diri dalam mengabdikan ilmu yang ia dapatkan. Pemudi yang bercita-cita menjadi seorang konsultan ini tetap ingin mengembangkan diri baik secara mental maupun akademis sebab baginya belajar itu tak boleh berhenti karena ilmu itu tidak pernah ada habisnya.[AF.Red]

Nama                    : Lina Toyyibatul Unzi
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris tahun 2015, MA Unggulan Nuris tahun 2018, jurusan PK
Kuliah                   : UIN KHas Jember, Program Studi Bahasa dan Sastra Arab

Related Post