Yuk Simak! Tips Jaga Gigi Sehat dan Kuat

Penulis: Andini*

Gigi merupakan salah satu organ yang penting dan digunakan sehari hari, banyak santri yang sering mengeluh giginya bermasalah karena masih menganggap sepele kesehatan gigi.

Malas menjaga kesehatan gigi atau bahkan jarang menggosok gigi merupakan salah satu faktor penyebab gigi berlubang. Berikut adalah beberapa tips merawat gigi yang bisa dilakukan santri untuk menjaga kesehatan gigi.

(Baca juga: santri-baru-kaget-punya-lemari-sempit-ini-dia-tipsnya)

  1. Biasakan sikat gigi setalah makan
    Kegiatan ini memang jarang dilakukan oleh sebagian orang terutama santri. Namun hal ini adalah salah satu hal yang dapat mencegah gigi berlubang karena makan yang tersisa di sela-sela gigi.
  2. Bersihkan gigi dengan berkumur
    Selain menyikat gigi, hal mudah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sisa makanan yang masih menempel pada gigi setelah makan adalah berkumur. Selain itu berkumur juga cukup ampuh untuk menghilangkan plak dan bakteri yang menempel pada gigi dan gusi.
  3. Gunakan pasta gigi mengandung fluoride
    Fluoride dapat melindungi gigi dari senyawa yang dapat merusak gigi. Selain itu Fluoride juga dapat membantu memperbaiki lapisan enamel sehingga memperkokoh perlindungan gigi.
  4. Hindari makanan yang menyebabkan gigi berlubang
    Selain menggosok gigi, kita dapat mecegah kerusakan gigi dengan menjaga pola makan. Kita bisa menghindari beberapa jenis makanan penyebab gigi berlubang, seperti permen, coklat, es batu, dan lainnya. Sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah, susu, dan masih banyak lainnya.

Sebagai santri ada baiknya kita lebih pintar merawat kesehatan gigi agar tidak sering merasakan sakit gigi ketika gigi berlubang. Semoga bermanfaat. (and/jai)

Penulis merupakan siswa yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post