Sempat Jabat Ketua Umum Senat, Alumni Ini Buktikan Aktif Organisasi Juga Bisa Lulus Cepat!

Pandai Bagi Waktu, Juga Istiqomah Tambah Halaman di Skripsi Setiap Hari

Pesantren Nuris-  Kabar membanggakan datang dari alumni SMK Nuris Jember lulusan tahun 2018. Yang baru saja menyelesaikan pendidikan S1 nya di jurusan manajemen zakat dan wakaf UIN Khas Jember, pada 17 Juni 2022 dan di wisuda pada 6  Oktober 2022 lalu.

Sempat jabat sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) prodi zakat dan wakaf, Noval Andika juga pernah menjadi Presiden Mazawa dalam musyawarah nasional (Munas) mahasiswa Manajemen Zakat dan Wakaf Perguruan Tinggi Islam se-Indonesia yang diadakan di Pare-pare Sulawesi Selatan. Tak cukup di situ ia juga menjadi ketua umum senat mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Jember.

Sangat totalitas dalam berorganisasi, nyatanya tak membuat Noval kalah dalam studi nya, ia bisa membuktikan bahwa organisasi bukan halangan untuk bisa lulus cepat, bahkan sebaliknya ia bisa lebih cepat dari yang lain.

“Kalau secara pribadi saya membagi waktu itu sangat mudah karena dalam setiap organisasi itu tidak setiap waktu ada kegiatan sehingga dalam waktu senggang saya istiqomahkan nyusun skripsi, paling tidak sehari harus ada halaman baru di skripsi yang saya susun. Karena saya juga punya deadline penyusunan berapa hari kemudian bimbingan setelah itu langsung di revisi. Alhamdulillah rasanya itu sangat menjadi kebangaan bisa lulus tepat waktu dalam waktu yang relatif singkat yakni 3 tahun, 6 bulan 4 hari dan tidak menodai organisasi yang sampai saat ini masih menjadi midset seluruh mahasiswa yang katanya organisasi bakal molor dalam akademisi Sepantasnya tidak begitu karena di organisasi kita belajar menjadi leadership sehingga kita belajar memimpin diri terlebih dahulu, mengobrol diri sehingga jati diri pribadi sudah teguh dengan kepribadian,” ungkapnya.

(Baca juga: selamat-wisuda-alumni-ini-selesaikan-pendidikan-di-pkn-stan-dan-raih-gelar-a-md-kb-n)

Lulus cepat, Noval juga mendapat IPK cumlaude yakni 3.59. Untuk penelitian skripsinya ia mengambil penelitian tentang merubah status masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah menjadi masyarakat yang ekonominya berkecukupan melalui program kemanfaatn dana zakat, infaq, dan sodaqoh. Tentang bagaiman lembaga filantropi bisa mensejahterahkan masyarakat atau umat.

“Salah satu yang menjadi motivasi untuk meneliti tentang sebuah bagaimana lembaga merubah satatusnya mustahik (orang yang berhak menerima zakat ) menjadi muzakki (orang yang berhak mengeluarkan zakat) disebabkan bagaiman sewaktu mondok dawuh dari kyai “ dimanapun kalian berada harus bisa menjadi manfaat untuk orang sekitar nak” sehingga mau tidak mau untuk lebih mempelajari tentang rasa syukur dan membantu sesame untuk hidup kemanfaatan oleh karena itu saya berharap dri pasca selesainya pendidikan untuk bisa membantu dan meringankan beban orang lain dengan berbagai cara yang sudah di dapat dari ilmu pendidikan dan lapangan,” ungkapnya.

Noval mengaku sangat bersyukur bisa lulus tepat waktu dan dengan nilai yang memuaskan.

“Allhamdulillah sangat bersyukur karna bisa lulus secara tepat waktu, karna di sisi lain saya pribadi juga ingin merubah mindset seorang organsiasi yang secara public masih menjadi klabu yang tidak memungkinkan bisa lulus tepat waktu”

“Untuk rencana kedepan bagaimana nantinya ilmu yang sudah di dapat bisa di aplikasikan pada dunia masyrakat apalagi tentang dunia lapangan yang saat ini memang menjadi penerapan dari ilmu penidikan dengan kantor lembaga zakat yang menjadi tempat pekerjaan saya,” tuturnya.

Ia berharap kedepan bisa memberikan kontribusinya dalam masyarakat. “Insyaalah harapan kedepan bisa menjadi amil secara professional sehingga mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat baik itu dalam kesejahteran hingga sampai bisa menyadarkan akan pentingnya saling membantu satu sama lain, dan membedakan mana yang hak dan mana yang batil,” ujarnya.

Selamat atas kelulusannya, semoga bisa menjadi sarjana yang barokah dan memberi manfaat untuk oranglain. Amin ya rabbal alamin. [Red.Dev]

Nama: Noval Andika
Tempat, tanggal lahir: Jember, 29 November 1999
Alamat : Silo Pace Jember
Lembaga: SMK Nuris Jember
Kuliah : Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf, UIN KHAS Jember

Noval Andika Bangga Mengenakan Toga
Related Post