Diamanahi Pimred Buletin Aslam, Gapai Cita jadi Influencer Aswaja di Masa Depan

Nikmat Berkhidmah, Mantapkan Hati dan Tekad Dalami Akidah dan Filsafat Islam di Ma’had Aly Nuris 

Pesantren Nuris – Di kalangan pesantren, berkhidmah bukan sekadar peluang meraup barakah, melainkan kenikmatan tersendiri sebagai penyempurna dalam penggalian ilmu pengetahuan. Tak heran, seperti ada yang kurang jika hanya nyantri, tetapi tak dibarengi dengan keikhlasan untuk mengabdikan diri untuk pesantren.

Seperti yang dilalui oleh alumnus MA Unggulan Nuris, jurusan IPA, tahun 2019 ini, Dwi Erma Kusumaningsih. Sempat merasakan perkuliahan di Malang, lalu sempat terdata pula sebagai mahasiswa di salah satu kampus negeri di Jember, akhirnya hati dan tekadnya berpaut untuk mendalami Akidah dan Filsafat Islam di Ma’had Aly Nuris Jember.

“Ya memang berbeda sekali kuliah di kampus seperti biasanya dengan di Ma’had Aly Nuris. Entah kenapa, saya merasa terkesan dan kerasan kuliah di sini. Saya bertekad menjadi sosok influencer aswaja muda di masa depan, mendengungkan Islam Rahmatan lil alamin dengan akidah Aswaja An Nahdliyah yang damai dan menyejukkan.” Tutur gadis kelahiran Jember, 18 November 2001 tersebut.

(baca juga: Berpresatsi di Bidang Bahasa Tingkat Nasional meski Kuliah di Jurusan Ilmu Hadis di UIN Khas Jember)

Tekad yang bulat membuat Erma, sapaan akrabnya menjalani kuliah di kampus Ma’had Aly Nuris Jember dengan suka cita. Meski dibarengi dengan tugas pengabdian yang cukup padat, justru gadis berkaca mata ini merasa bersyukur bisa menggunakan tenaga dan pikiran untuk membantu Kiai dan bu Nyai di pesantren.

“Saya di pesantren diamanahi sebagai ketua kamar. Selain itu, sebagai kurikulum MHQ dan bertugas juga sebagai pengurus divisi keseharan. Tugas ini tentu berat jika dibayangkan apalagi dengan jadwal kuliah yang padat. Namun, saya justru menikmatinya dan malah kadang kayak ada yang kurang jika tak ada kegiatan.” Tukasnya.

Pemudi yang berasal dari Wuluhan, Jember ini juga menyatakan bahwa berkhidmah membuatnya terlatih dalam menjalani amanah dan pandai dalam mengatur waktu. Meski kadang merasa keteteran, tetapi justru semakin membuatnya tertata dalam mengatur waktu. Kemahirannya dalam mengatur pekerjaan dalam menjalani amanah, ia pun kini didapuk sebagai pemimpin redaksi buletin Aslam (Anwarul Islam).

“Hobi saya memang menulis juga membaca, saya seringkali mengisi waktu luang untuk menjalani hobi itu. Sekarang mohon doanya sebab diamanahi Pimred buletin kampus yang baru saja dibentuk yakni, buletin Aslam. Ini sebagai media dakwah semoga mampu menjadi wadah mencerahkan umat.” Tutupnya.[AF.Red]

Nama                    : Dwi Erma Kusumaningsih
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan IPA, tahun 2019
Kuliah                   : Ma’had Aly Nuris Jember, Akidah dan Filsafat Islam

Related Post