Mengabdi Sepenuh Hati Alumni Ini Tak Pernah Lupakan Jasa Sang Guru

Sepuluh Tahun Tinggal di Pesantren Nuris Jember, Jadi Saksi Berkembangnya Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris- Lebih dari sepuluh tahun tinggal dan belajar di Pesantren Nuris Jember, alumni MTs Unggulan Nuris Angkatan kedua dan MA Unggulan Nuris tahun 2015 ini mengaku sangat berhutang budi pada Pesantren Nuris Jember, hal tersebut pula yang membuatnya memutuskan untuk mengabdi sembari kuliah.

“Saya merasa berhutang budi banyak terhadap Pesantren Nuris, terlebih terhadap jajaran pengasuh dan ustadz yang telah membimbing saya hingga mengetahui ajaran islam dengan baik. Setidaknya saya bisa sedikit membalas jasa-jasa beliau dengan cara mengabdi di pesantren, dan dengan mengabdi saya juga bisa mengamalkan ilmu-ilmu yang saya dapat di sini sebelumnya, baik dengan membimbing anak-anak dan mengajari mereka,” ungkap pria bernama lengkap Chusain Barsuni A.R tersebut.

Pria kelahiran Makkah, 12 Juni 1997 ini juga berstatus sebagai mahasiswa Ma’had Aly Nurul Islam/Ushuluddin/Aqidah filsafat Islam/2020/Semester 6, ia tak langsung kuliah setelah lulus, namun ia menjadi mahasiswa diangkatan 2020.

“Saya tertarik dengan jurusan di ma’had aly, akidah dan filsafat islam konsentrasi Asy’ariyah. Di luar sana sedikit yg belajar ttg dasar2 Asy’ariah, bak barang semakin langka semakin mahal. Ilmu ini sangat dibutuhkan di masyarakat karna bisa jadi benteng dari faham-faham yang menyesatkan,” ujarnya, hal inilah yang membuatnya memutuskan untuk lanjut kuliah di jurusan tersebut.  

 Tak hanya sebagai mahasiswa, ia juga menjabat sebagai Kepala Asrama SMP, Pembimbing Kamar, dan Pengajar Diniyah di Pesantren Nuris Jember.

(Baca juga: aktif-organisasi-cantik-calon-perawat-pula-alumni-ma-unggulan-nuris-ini-mengagumkan)

Di tengah jadwal hariannya yang penuh, pria yang akrab dipanggil Chusain ini mengaku tidak kewalahan mengatur waktunya, karena semuanya sudah terstruktur dan terjadwal.

“Saya berpikir jadwal kuliah di ma’had aly sudah terstruktur baik dengan kegiatan pesantren. Kuncinya ya disiplin waktu, karna waktu adalah hal yang berharga. Disiplin juga salah satu kunci sukses orang-orang hebat. Saaya pribadi kalau ada waktu kosong dan jadwal kuliah itu siang, saaya istirahat dulu meski sebentar, agar nanti ketika siang tidak mengantuk di kelas, jadi bisa lebih fokus untuk kuliah, Kalau ada tugas kuliah biasanya dikerjakan malam hari krna sdh tdk ada kegiatan” ungkapnya.

Chusain memiliki harapan besar di masa depannya, salah satunya ingin lancar dalam kuliah dan ingin lekas lulus.  “Alhamdulillah saya kuliah sudah melewati semester 6, harapannya tahun ini bisa lulus cepat, agar rencana-rencana kehidupan depan bisa cepet terlaksana. Dan harapan saya untk Pesantren Nuris, semoga Pesantren Nuris menjadi pesantren yang bisa mencetak generasi Asy’ariyah, bisa menyebarkan dan membela faham Asy’ariyah,” tuturnya. Semoga apa yang kamu harapkan tercapai ya. [Red.Dev]

Nama: Chusain Barsuni A.R
Tempat, tanggal lahir: Makkah, 12 Juni 1997
Alamat: Desa Kemuningsari Kidul Kec. Jenggawah Kab. Jember
Lembaga: MTs Unggulan Nuris, 2012 dan MA “Unggulan” Nuris Jember, 2015
Kuliah: S1: Ma’had Aly Nurul Islam/Ushuluddin/Aqidah filsafat Islam/2020/Semester 6
Karier: Kepala Asrama SMP, Pembimbing Kamar dan Pengajar Diniyah

Related Post