Berawal dari Kepo, Akhirnya Sukses Gapai Impiah Kuliah Hubungan Internasional Dong

Usaha dan Disiplin yang Keras, Lulusan MA Unggulan Nuris Tembus Kampus Impian

Pesantren Nuris – Rasa penasaran yang tinggi atau istilah saat ini dikenal dengan kepo, ternyata tak selalu bercitra negatif. Seperti yang telah dialami alumni Nuris yang satu ini, kepo justru membuatnya semakin semangat belajar hingga akhirnya mampu menembus kampus dan jurusan yang diimpikan.

Syahidah Dina Ilmasya, lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan IPA, tahun 2022 ini mengawali impiannya untuk belajar tentang Jurusan Hubungan Internasional dengan rasa penasaran. Setelah berbagai informasi dan petualangan diri yang tengah dijalani, akhirnya ia mantap memilih jurusan tersebut saat mengikuti tes tulis untuk masuk kampus negeri, Universitas Jember (UNEJ).

Bak gayung bersambut, impiannya untuk belajar hubungan internasional di UNEJ tercapai. Perempuan kelahiran Jember, 29 November 2003 tersebut resmi mengenakan jas almamater UNEJ hingga kini jelang akhir semester kedua.

(baca juga: Lolos Jalur Prestasi, Alumni Nuris ini Kuliah Pendidikan Matematika di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Ia menuturkan, “Karena saya penasaran dengan apa saja yang dipelajari di hubungan  internasional, termasuk untuk menguasai bahasa asing dan dari hasil riset saya di internet, hubungan internasional merupakan jurusan yang membahas fenomena-fenomena yang terjadi di dunia (multikompleks).”

“Tidak hanya itu, kita tidak selalu diajarkan untuk berpendapat, tapi juga diajarkan untuk bisa mengambil keputusan. Hal itu yang membuat saya semakin mantap untuk memilih hubungan internasional. Imbuh gadis yang hobi traveling dan menyanyi ini.

Santri asal Jalan Kasian no. 104 Curah Cabe, Gambirono, Jember juga menuturkan sempat merasa minder saat awal memasuki perkuliahan karena ia lulusan pesantren. Seiring berjalannya waktu, justru motivasi studi sarjananya meningkat sebab banyak pelajaran yang didapatkan selama ini.

Kelak, Dina, sapaan akrabnya, berharap dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya agar dapat berkarier sesuai jurusan. Terlebih, ia juga berusaha sekeras mungkin untuk menuntaskan studi sarjana hingga dapat memanfaatkan ilmunya untuk kemaslahatan orang banyak.[AF.Red]

Nama                    : Syahidah Dina Ilmasya
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2022
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Hubungan Internasional

Related Post