Tak Hanya Cantik, Mawar Juga Banyak Kegunaannya!

Penulis: Regina Qotrun Nada*

Bunga mawar merupakan salah satu bunga yang memiliki penampilan yang indah, selain dikenal sebagai sebuah lambang dari kasih sayang juga dikenal sebagai bunga yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Dibalik bentuknya yang indah selain dapat dijadikan sebagai bunga hias, juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan khususnya bagi kaum wanita.

Nah yuk simak apa saja sih manfaat bunga mawar bagi kesehatan!

Pertama, Mengobati Kaki Bengkak. Kaki yang bengkak tentu membuat kita tidak bisa berjalan dengan normal,  oleh karena itu harus segera diobati. Pengobatan pertama yang dapat kita lakukan adalah pengobatan alami dengan bunga mawar. Caranya rebus 2-3 bungan mawar, 30 gram daun sembung dan 600 ml air secara bersamaan. Minum air rebusan ini dalam rentang waktu dua kali sehari untuk efek yang maksimal.

Kedua, Mengatasi Sakit Tenggorokan. Sebagai salah satu pilihan untuk sakit tenggorokan adalah manfaat kesehatan dari bunga mawar. Sifat-sifat antibakteri dan antioksidan bunga mawar tidak hanya dapat meringankan tenggorokan tetapi juga membantu untuk mengatasi dan mencegah infeksi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

(Baca juga: hati-hati-dengan-hati-ayam-banyak-sekali-manfaatnya-lho)

Ketiga, Melancarkan Hai. Manfaat mawar berikutnya adalah dapat melancarkan menstruasi. Diyakini bahwa bunga mawar merangsang pelepasan hormon yang melancarkan menstruasi. Bunga mawar tidak hanya dapat melancarkan menstruasi tetapi juga untuk meredakan kram, mual dan kelelahan yang dapat terjadi selama menstruasi dan sindrom pascamenopause.

Keempat, Menyehatkan Sistem Pencernaan. Dipercaya juga bahwa bunga mawar dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Manfaat bunga mawar untuk pencernaan termasuk memperkuat pencernaan, menghilangkan limbah pencernaan dan menjaga mukosa lambung.

Bunga mawar bertindak sebagai pencahar alami untuk mengatasi masalah sembelit. Di sisi lain, mawar cocok untuk diare karena kemampuannya mengeluarkan racun.

Kelima, Mengatasi Infeksi Saluran Kemih. Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih dan menyebabkan ketidaknyamanan saat buang air kecil. Anda dapat memilih bunga mawar sebagai solusi untuk kondisi ini.

Keenam, Relaksasi. Bunga mawar adalah bunga yang memiliki aroma khas dan menyenangkan, sehingga aromanya dapat digunakan untuk relaksasi. Aroma ini cocok untuk digunakan sebagai aromaterapi. Menghirup aroma bunga mawar dengan minyak esensial dapat membantu rileks.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan manfaat bunga awar yang menenangkan, yang dapat digunakan sebagai antidepresan dan membangun energi positif pada orang yang depresi.

Nah itu tadi enam manfaat bunga mawar yang mungkin baru kita tahu ya, selain indah dan biasa dibuat untuk hiasan, ternyata bunga mawar juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Selamat mencoba ya sahabat!

Sumber gambar: koleksigambar.blogspot.com

Penulis merupakan siswa MA Unggulan Nuris

Related Post