Nikmati Proses Berkhidmah di Pesantren, Mental Leadership Santri ini Luar Biasa

Meski Diamanahi sebagai Kepala Asrama, Tak Jadi Kendala Tuntaskan Skripsi hingga Raih Titel Sarjana

Pesantren Nuris – Mengabdi atau berkhidmah di almamater Pesantren Nuris Jember seraya menjalani kuliah bukan sebuah keputusan yang biasa. Hal ini perlu komitmen dan tanggung jawab agar mampu menjalankan tugas studi dan pelayanan kepada santri sekaligus secara prima. Mentalitas alumni Nuris ini sudah benar-benar teruji dan mampu membuktikannya.

Subhan Ainun Najib, lulusan SMA Nuris Jember, Jurusan IPS, tahun 2019 ini memilih mantap berkhidmah saat menjalani studi sarjana di UIN KH. Achmad Siddiq Jember. Ia memilih jurusan manajemen pendidikan Islam di kampus tersebut karena ia kelak ingin memimpin sebuah lembaga saat kembali ke kampung halamannya.

“Perkuliahan saya ini banyak mengajarkan bagaimana mengatur dan membentuk lembaga sesuai visi dan harapan. Ini butuh ilmu dan pengalaman agar dapat menyesuaikan kebutuhan lembaga dan visi pemimpinnya. Dari situ saya banyak belajar apalagi saya sambil mengabdi di pesantren sehingga menjadi tempat praktik sekaligus.” Tutur Subhan, sapaan  akrabnya.

(baca juga: Prihatin dengan Mental Health Ramaja Milenial, Belajar Psikologi di UNS Surakarta)

Santri kelahiran Banyuwangi, 19 April 2000 ini diamanahi sebagai kepala asrama pusat di Pesantren Nuris Jember. Ini menjadi tantangan dan uji mentalitas yang harus dijalankan dengan suka cita oleh Subhan. Justru, ia merasakan banyak pengalaman berharga dengan tugas yang cukup pelik saat harus membagi waktu dengan perkuliahan.

Meski dengan seabrek tugas sebagai kepala asrama, tak lantas membuat pemuda beralamat Desa Kalibarumanis, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi ini mengeluh. Kesempatan mengabdi ini justru menjadi inspirasi dalam menuntaskan skripsi berjudul “Kepemimpinan Kiai dalam Membentuk Karakter Aswaja An-Nahdliyah Santri Pesantren Nurul Islam Jember” yang disidangkan pada 04 Juli 2023 kemarin.

Kali ini ia tinggal menunggu jadwal wisuda seraya menutaskan tugas revisi skripsi. Selesai wisuda ia ingin kembali ke kampung halaman untuk mengabdikan ilmu dan pengalaman yang ia miliki selama kuliah dan berkhidmah di pesantren. Ia berharap dapat memimpin lembaga yang mampu memberikan pelayanan terbaik dalam pendidikan dalam membangung bangsa yang maju dan memberkahi.[AF.Red]

Nama                    : Subhan Ainun Najib
Ttl                           : Banyuwangi, 19 April 2000
Alamat                 : Kalibarumanis, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi
Lembaga              : SMA Nuris Jember, Jurusan IPS, tahun 2019
Kuliah                   : UIN Khas Jember, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Karier                    : Kepala Asrama Pusat Pesantren Nuris Jember

Related Post