Peringatan Maulid Nabi: Maloros Niat Kaangghuy Ngaolle Syafaat Kanjeng Nabi Muhammad

Gelar Acara Maulid Nabi Muhammad SAW, Lapangan Pesantren Nuris Dipenuhi Pengunjung

Pesantren Nuris- Tepat pukul 19:00 tanggal 19 September 2023 kemarin, acara sholawatan dalam rangka memperingati Maulid Nabi sukses berjalan dengan lancar. Acara dilaksanakan di Lapangan Taman Bunga, Pondok Pesantren Nuris Jember dan dihadiri banyak pihak. Selain santri Nuris sendiri, tamu yang datang juga banyak dari PAB, rombongan Kiai Kholil As’ad Syamsul Arifin dan santrinya, dan remaja masjid Nuris selaku tuan rumah.

Hidayatullah, selaku ketua panitia, beliau menuturkan, “Kami meneruskan gagasan dari kiai, kita hanya mengerjakan sesuai apa yang kiai perintahkan. Saya juga sangat berkesan akan acara pada malam ini, suatu kehormatan bagi saya karena bisa mengerjakan dawuh kiai, dan meneruskan keinginan dari kiai yakni pemuda Antirogo Dapat melakasanakan perintah kiai, dan itu sangat berharga bagi saya. Selain itu, dalam proses acara malam ini bisa dibilang sangat susah karena merupakan penggabugan dari 2 RT dan 70 kepala yang 70% masih muda (labil), inilah yang menjadi kendala. Namun, Alhamdulilah berkat barokah kiai acara maulid nabi ini tetap dapat berlajan dengan lancar”.

(Baca juga: Peringatan Maulid Nabi Bersama KHR. Muhammad Kholil As’ad di Pesantren Nuris Jember Malam ini)

“Selain itu, ada hal yang paling mencolok yakni duduknya seorang adik dan kakak di dalam satu majelis dari 2 pesantren yang berbeda serta mempunyai kesan dan khasnya tersendiri adalah suatu hal yang luar biasa. Beliau berpesan Pesan tercipta dari kesalahan, dan jika kamu tetap berjalan dalam satu kesalahan yang sama maka kamu bukan manusia, jadilah manusia dengan penuh kesalahan dan di akhiri dengan penyesalanhal itu yang harus diingat,” tutur ustaz Hidayat selaku panitia dari Sukorejo.

Selain ungkapan dari salah satu panitia asal Sukerojo, ketua RT lingkungan Antirogo bapak Ahmad Zainul mengungkapkan kesannya yang begitu semangat dalam keikutsertaan acara maulid nabi ini. “Pengajian dan pembacaan shalawat pada malam ini sangat didukung oleh kiai, juga warga, remas dan jamaah sholawat. Acara ini pun dipimpin langsung kiai Muhyiddin. Suksesnya acara maulid pun atas hasil kekompakan dari semua panitia dan pemuda serta warga lingkungan Antirogo. Seperti dawuh kiai Kholil “Meskipun sedikit tapi menusuk dalam hati, artinya kita merayakan hari kelahiran kanjeng nabi ini, kita sebagai umat muslim bermunajat mendapat ridho Allah dan ikut barisannya kanjeng Nabi Muhammad meskipun berat kerjaannya”. Pengen lagi pengajian seperti ini lagi dengan lebih besar. Insyaallah tahun depan ada lagi dan lebih besar. Tak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mebantu berjalannya acara ini. Semoga acara ini dapat memberikan keberkahan yang melimpah bagi kita semua”.

Perayaan maulid nabi yang dimeriahkan dengan pengajian dan pembacaan shalawat Bersama pada malam tadi sungguh sangat berkesan bagi seluruh pengunjung. Tak hanya tamu, panitia, atau keluarga dari Situbondo, Sukerojo, warga dan pemuda Antirogo pun sangat bersemangat dalam menyukseskan dan mengikuti acara ini. Tak kalah antusias, santri Ponpes Nuris juga ikut bersholawat bersama di Lapangan Taman Bunga ini. Beberapa alumni pun menyempatkan hadir pada acara yang penuh mulia ini.

Seperti salah satu alumni lulusan tahun 2023 kemarin yang menyempatkan hadir dalam acara maulid nabi ini meski kesibukannya sebagai MABA yang ekstra padat. Ia mengaku sangat kagum akan meriah dan antusiasnya seluruh pengunjung dalam mengikuti pengajian dan pembacaan shalawat ini. “Saya memang sudah berniat meluangkan sedikit waktu untuk acara maulid akbar ini. Selain ngalap barokah memperingati kelahiran nabi, juga rasa cinta saaya pada Ponpes Nuris ini. Saya juga bertemu banyak teman-teman saya di sini, dapat mempererat tali persaudaraan,” tutur Imam Tanthawi. (Jurnal.Red)

  

Related Post