Tuntaskan Pendidikan Tinggi, Kini Buka Bisnis Angkringan, hingga Ingin Abdikan Diri di Lembaga Pendidikan

Latih Kemampuan Public Speaking dengan Ikuti Berbagai Organisasi

Pesantren Nuris – Meski sempat merasa minder dan gugup saat awal masuk perkuliahan, santri ini akhirnya mampu menuntaskan pendidikan tinggi dengan predikat sangat memuaskan. Berbagai usaha yang ia jalani mampu membangkitkan motivasinya dalam belajar, terutama dalam hal public speaking, dengan cara aktif di berbagai organisasi dan memiliki peran penting.

Fadilah Dwi Cahyati, gadis cantik dan cerdas kelahiran Denpasar, 14 September 2001 ini merupakan lulusan MA Unggulan Nuris, Jurusan Pendidikan Keagamaan, tahun 2019. Setamat dari lembaga yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo, ia mantap melanjutkan kuliah di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember, pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam.

“Sebelumnya saya ingin menjadi guru, tetapi saya kok merasa kadang gugup kalau berbicara di depan umum. Saya merasa kurang percaya diri, akhirnya saya memilih jurusan manajemen pendidikan Islam sebab nanti tetap bisa berkarier di lembaga pendidikan, dan tak harus sering-sering berbicara di depan umum.” Tutur Dila, sapaan akrabnya.

(baca juga: Usai Tamat Sarjana di Malang, Kini Tengah Tuntaskan Pendidikan Pascasarjana di Yogyakarta)

Gadis yang kini berdomisili di Jelbuk, Jember ini juga merasa berkesan kuliah di jurusan yang dipilihnya, ia dapat mempelajari bagaimana membangun dan mengatur sebuah lembaga agar dapat berkembang sesuai visi. Sembari tetap berusaha melatih kemampuan public speaking, ia memilih ikut dalam sebuah organisasi.

“Saya pernah aktif di himpunan mahasiswa prodi di kampus saat semester 3 dan diamanahi sebagai bagian networking. Di sini saya mendapat ilmu bagaimana mengelola media hingga melatih diri ilmu desain grafis. Selain itu, saya juga aktif di dewan eksekutif mahasiswa dan diamanahi bagian media dan informasi.” Imbuhnya.

Di sela petualangannya dalam menggali ilmu dan pengalaman baik secara akademis maupun organisasi, akhirnya ia mampu menuntaskan skripsi berjudul “Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk”, yang ia sidangkan pada 05 Juni 2023 lalu. Ia pun mendapatkan capaian yang sangat memuaskan dengan IPK 3,75.

Setelah diwisuda pada 09 September 2023 lalu, titel sarjana pendidikan pun tersemat di belakang namanya. Ia pun berharap dapat mengabdikan diri di lembaga pendidikan ke depannya. Saat ini, ia juga merintis bisnis angkringan di rumahnya, Jelbuk, dan berharap dapat berkembang kelak.[AF.Red]

Nama                    : Fadilah Dwi Cahyati
Ttl                           : Denpasar, 14 September 2001
Alamat                 : Jelbuk, Jember
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2019
Kuliah                   : UIN Khas Jember, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam

Related Post