Berawal dari Pesantren Nuris Gapai Impian Kuliah di Al Azhar Mesir dengan Beasiswa Kemenag RI

Bercita-Cita jadi Ulama, Ingin Banggakan Kedua Orang Tua dan Kiai

Pesantren Nuris – Kesempatan meraih beasiswa Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melanjutkan studi sarjana di salah satu kampus tertua di dunia sekelas Universitas Al Azhar Mesir, benar-benar disyukuri oleh santri Pesantren Nuris Jember ini.

Setelah melewati berbagai proses panjang pada tahun 2023 lalu, mulai pelaksanaan seleksi yang ketat secara nasional, proses masa tunggu dan pengabdian di pesantren, hingga akhirnya tepat pada 28 Januari 2024 lalu, Iqtava Wildanil Ahmad resmi berangkat ke negera tujuan untuk melanjutkan petualangan belajarnya.

Lulusan MTs Unggulan Nuris, tahun 2020, dan MA Unggulan Nuris, Jurusan PK (Program Keagamaan), tahun 2023 lalu tersebut, benar-benar mampu mewujudkan impiannya untuk belajar agama dan pengalaman global hingga ke negeri piramida.

“Saya berkeinginan menjadi seorang ulama yang memiliki ilmu dan pengalaman yang luas. Alhamdulillah berkat pesantren yang saya tempati ini bisa menjadi perantara impian itu. Berkah ikhtiar dan dukungan pesantren yang memfasilitasi semua persiapannya akhirnya saya bisa mencapai impian kuliah ke Al Azhar.” Tutur lelaki kelahiran Banyuwangi,  30 November 2004 tersebut.

(baca juga: Dalami Ilmu Tafsir di University of Jordan, Lulusan MA Unggulan Nuris kelak Ingin Lanjutkan Pascasarjana di Turki)

Sebelum mencapai impian kuliah di Mesir, Iqtava, sapaan akrabnya telah menuntaskan hafalan Al Qur’an hingga hatam 30 juz. Ia juga turut aktif mengikuti kelas khusus kuliah timur tengah dengan bimbingan dari Syekh Ali Mohsen Mohamed Elsayed, guru tugas dari kampus yang kini menjadi tempat belajarnya.

Pemuda asal Tegalarum, Sempu, Banyuwangi ini juga dikenal berprestasi sejak di bangku MTs Unggulan Nuris dari berbagai perlombaan bidang Al Qur’an seperti tilawah atau pun tahfizul Qur’an. Berkat talenta dan semangat belajarnya yang tinggi, ia pun kini menerima buah manis perjuangannya dalam meraih cita-cita menjadi bagian dari Universitas Al Azhar Mesir tersebut.

“Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada kedua orang tua dan kiai atas doa dan dukunga mereka selama ini. Saya bangga bisa lolos beasiswa Kemenag kuliah ke Mesir. Saat ini saya masih tahap adaptasi dan matrikulasi bahasa Arab dan budayanya. Semoga dapat berjalan lancar hingga nanti perkuliahan tuntas.” Tuturnya.[AF.Red]

Nama               : Iqtava Wildanil Ahmad
Ttl                    : Banyuwangi, 30 November 2004
Alamat             : Tegalarum, Sempu, Banyuwangi
Lembaga          : MTs Unggulan Nuris, tahun 2020; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2023
Kuliah              : Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir; Jurusan Ushuludin

 

 

 

 

Related Post