Mahasantri Ma’had Aly Nuris Angkatan Kedua Selenggarakan PPL

Unjuk  Kompetensi Unggul dalam Akademik, Administrasi, dan Sosial Budaya selama PPL

Pesantren Nuris – Hari Senin, 26 Februari 2024 kemarin, Fajrul Falah, selaku Dosen perwakilan Ma’had Aly Nuris Jember, menerjunkan sembilan mahasantri Ma’had Aly Nurul Islam (Nuris) Jember angkatan pertama di MA Unggulan Nuris untuk melakukan agenda Program Pengalaman Lapangan (PPL).

Sekitar 9 mahasantri Program Studi Akidah dan Filsafat Islam Ma’had Aly Nuris Jember diterjunkan sebagai salah satu agenda wajib kampus. Berlokasi di MA Unggulan Nuris sebagai tempat praktik, mereka diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari sekaligus belajar kepada para guru yang telah berpengalaman.

Dalam sambutan pelepasan PPL mahasantrinya, Gus Fajrul, sapaan akrabnya, menuturkan, “Mengabdilah dengan sungguh-sungguh di MA Unggulan Nuris ini, kalian harus disiplin dan mampu membuktikan bahwa mahassantri Ma’had Aly Nurul Islam mampu untuk terjun langsung di masyarakat sebagai kader dan pengawal paham ahlu Sunnah wal jama’ah al nahdliyyah.”

(baca juga: Kuliah Berkualitas dengan Beasiswa Penuh, Ayo Kuliah ke Ma’had Aly Nuris Jember)

Dalam sambutan dari Ustaz Fajrul, selaku dosen pembimbing agenda PPL ini menyatakan, “Tujuan dari PPL Ma’had Aly ini untuk melatih mahasantri sebagai calon guru agar memiliki kemampuan memperagakan kinerja dalam situasi nyata dalam kegiatan belajar mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya baik dalam hal administratif, akademik dan sosial-psikologis sekolah.”

“Mereka juga harus memiliki penguasaan berbagai keterampilan dasar mengajar, menerapkan berbagai kemampuan profesional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situas nyata, mengembangkan kompetensi pembelajaran bidang studi akidah ahlu Sunnah wal jama’ah yang menjadi spesialisasinya.” Imbuhnya.

Selama PPL, kedua belas mahasantri Ma’had Aly Nuris Jember akan dibagi dalam beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Arab, Fikih, Nahwu Sharraf, dan Tafsir Alquran. Durasi PPL yang akan mereka jalani kurang lebih sekitar 4 pekan di lembaga formal tersebut. Pengalaman lapangan ini akan semakin mematangkan kompetensi mereka yang sebelumnya sudah terbiasa mengajar di kelas diniyah.

Dia juga beharap, “Harapannya mahasantri bisa menerapkan ilmu pengetahuan yang mereka dapat selama belajar di Ma’had Aly Nurul Islam, selain itu mereka diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa MA Unggulan Nuris untuk dapat memperdalam keilmuan mereka tentang akidah ahlu Sunnah wal jama’ah baik dalam hal teori maupun aplikasi dakwah di masyarakat.”[AF.Red]

foto bersama mahasantri Mahad Aly Nuris Jember bersama perwakilan guru MA Unggulan Nuris

 

Related Post