The Second Choice Its not Bad, Gairah Santri Nuris Kuliah Teknik Kelautan di ITS Surabaya

Termotivasi Saat Jadi Peserta OSN Kebumian, Ingin Menjadi Bagian Orang “Hebat” yang Lahir dari Kampus  ITS

Pesantren Nuris – Ditempa disiplin dan bermental juara sejak nyantri di Pesantren Nuris Jember, santriwati cerdas ini terbiasa dengan tekanan belajar yang kompetitif. Apalagi sejak ia ditetapkan sebagai salah satu peserta OSN (Olimpiade Sains Nasional) pada bidang kebumian semasa SMA Nuris Jember, timbullah gairah untuk mendalami sains di masa kuliah di kampus kesohor.

Lalla Yasminia, gadis cantik lulusan SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2023 ini dengan mantap mendaftarkan diri masuk kuliah ke salah satu kampus negeri bergengsi di kota pahlawan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Meski sebenarnya ia tertuju pada jurusan Teknik Geofisika di ITS Surabaya pada pilihan pertama, ia harus menerima kenyataan harus lolos pada pilihan kedua yakni, Teknik Kelautan. “Gara-gara dulu disuruh ikut OSN Kebumian, dari situ saya tertarik pada bidang oceanografi, meteorologi, dan geofisika dan merasa passion saya ada di situ.” Ujar Lalla, sapaan akrabnya.

Gadis kelahiran Jember, 18 Oktober 2004 ini pun harus menerima kenyataan untuk tak beranjak dari kampus yang pernah dipimpin oleh Prof. M. Nuh, selaku Menteri Pendidikan di era Presiden SBY tersebut, pada pilihan kedua, Teknik Kelautan bukan Teknik Geofisika.

(baca juga: Prihatin dengan Mental Health Remaja Milenial, Belajar Psikologi di UNS Surakarta)

“Jadi pengumuman SNBT dan saya senang banget tapi jugak agak “nelongso” kok bisa gak lolos di pilihan pertama? Padahal dari awal milih jurusan sudah dipikirkan matang-matang. Kalau dilihat dari skor utbk, juga sebenarnya juga tidak dibawah rata-rata anak geofisika.” Imbuhnya.

Sempat merasakan kekecewaan dan menjalani awal studi sarjana dengan setengah hati. Perlahan namun pasti, ia mulai menyukai dan menikmati perkuliahan teknik kelautan dengan suka cita. Menurutnya, the second choice its not bad, kampus ITS dengan atmosfer belajar dan pressure yang tinggi membuatnya yakin untuk selalu optimis menghadapi tantangan.

Dara yang dikenal dengan segudang prestasi semasa di SMA Nuris Jember tersebut semakin termotivasi dengan pengetahuannya bahwa banyak orang hebat terlahir dari kampus yang ditempatinya kini. Ia pun bertekad untuk memanfaatkan kesempatan yang tak mudah itu untuk benar-benar belajar dan menjadi bagian orang-orang hebat itu.[AF.Red]

Nama                    : Lalla Yasminia
Ttl                           : Jember, 18 Oktober 2004
alamat                  : Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, Jember
Lembaga              : SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2023
Kuliah                   : ITS Surabaya, Jurusan Teknik Kelautan

Related Post