Ungkap Pentingnya Bahasa Pembangun Peradaban, Siswa SMA Nuris Jember Juara 1 English Essay Competition

Meski masih Kelas X, Miliki Kreativitas dan Semangat Belajar Tinggi

 Pesantren Nuris – Prestasi yang dicapai oleh siswa SMA Nuris Jember kali ini benar-benar luar biasa. Pasalnya, ia sukses memenangkan lomba menulis esai dalam bahasa Inggris tingkat Provinsi Jawa Timur di Universitas KH. Abdullah Faqih (UNKAFA) Gresik pada Selasa, 27 Februari 2024 lalu.

Ia adalah Izza Aftarina Azzahro (kelas X IPS 1) yang dionabatkan sebagai pemenang juara 1 English Essay Competition dalam ajang bertajuk Sakha Competition 2024. Sebelumnya, ia harus mengikuti seleksi ketat babak penyisihan yang diikuti ratusan peserta dari berbagai sekolah di Jawa Timur.

Setelah dinyatakan lolos masuk 10 esai terbaik, ia harus mempresentasikan hasil esai karangannya yang mengungkap pentingnya bahasa dalam membangun peradaban manusia di hadapan dewan juris secara langsung.

“Karena memang lomba ini adalah essay competition yang pasti pakai bahasa Inggris presentasinya. Sempat percaya tak percaya bisa lancar soalnya kan mental dan dialog bahasa Inggris dengan juri itu tak semudah hanya sekadar menulis biasa. Saya harus tanggap sesuai topik dan tanya jawab dengan juri yang tak terduga.” Tutur Izza.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, saya bersyukur bisa jadi pemenang. Semoga ini menjadi momentum penyemangat saya dalam belajar dan terus berprestrasi.” Imbuhnya dengan senyum manis saat diwawancarai awak media pesantrennuris.net.

(baca juga: Juara 1 Olimpiade Ekonomi Ajang Semifinal G-Olympiad Genza Education, Siswa SMA Nuris Jember Dapat Beasiswa 4 Juta)

Persiapan saat menggarap lomba ini juga sangat ketat sebab antara waktu pengumuman peserta final dengan waktu pelaksanaanya hanya berselang 3 hari. Otomatis Izza harus benar-benar bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin dalam mempersiapkan penampilan presentasi.

Septian Yuwandis selaku guru pembina turut bangga saat mendampingi secara langsung perjuangan anak didiknya dalam berkompetisi. “Alhamdulillah semua memang berkat kehebatan perjuangan Izza yang pantang menyerah untuk berlatih. Dalam belajar bahasa itu memang yang penting adalah praktiknya baik dalam menulis maupun speaking.”

“Selamat untuk Izza dan juga ada 2 anak didik saya dari MA Unggulan Nuris yang juga juara bidang speech dan taqdimul qisshoh. Semoga kalian tak mudah puas, selalu mau belajar dan terus berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan sekolahnya.” Imbuhnya.[AF.Red]

Related Post