Karya Sastra Santri Memukau, Sukses Juarai FLS2N Wakili Jember ke Tingkat Provinsi

Jadikan Sastra sebagai Sarana Berekspresi Serunya Belajar di Pesantren

Pesantren Nuris – Prestasi siswa SMA Nuris Jember di bidang kepenulisan karya sastra di ajang bergengsi FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat kabupaten pada Sabtu, 27 April  2024 kemarin turut membuktikan level literasi dan kekaryaan sastra santri yang luar biasa.

Pasalnya, ajang resmi yang diselenggarakan serentak se-Indonesia oleh PUSPRESNAS KEMENDIKBUD RI ini menjadi pembuktian produktivitas dan kekuatan berekspresi pelajar dalam menuangkan gagasan kekinian sangat kompetitif. Hebatnya, dua pelajar berbakat SMA Nuris Jember sukses meraih piala.

Ia adalah Ananda Fairus D.L., siswa kelas  X IP 2 yang sukses meraih juara 3 kategori penulisan cerpen. Selain itu,  Faniyati Wardhani, siswa kelas X IPA 1 juga sukses meraih juara 1 kategori penulisan karya puisi.

Dengan capaian prestasi luar biasa ini, khusus Faniyati Wardhani, berhak untuk kembali berjuang mewakili Kabupaten Jember di ajang FLS2N tingkat Provinsi Jawa Timur beberapa bulan ke depan. Prestasi sastra santri ini pula sekaligus menunjukkan konsistensi dan dominasi dalam 2 tahun terakhir yang kembali mewakilkan siswanya berkompetisi di jenjang provinsi.

(baca juga: Terobosan Pendidikan Setara melalui Edugen, Esai Siswa SMA Nuris Jember Juara Nasional)

“Ya senang Alhamdulillah saya bisa meraih hasil maksimal dalam lomba penulisan puisi FLS2N ini. Judul puisi saya adalah “Fesyen, Kepsyen, dan Jember yang Gagap Mengeja Gerimis”. Puisi ini saya tulis tentang keresahan saya pada kondisi kekinian generasi di kota tercinta.” Tutur Faniyati.

“Sebelum lomba ini pasti ada persiapan, tentunya yang paling penting adalah membaca buku yang banyak. Bagi saya membaca dapat memperluas cakrawala pengetahuan yang luas dan tentunya memudahkan ide-ide cemerlang itu muncul. Di sekolah saya hal ini memang sangat didukung, bagi saya karya sastra santri sebagai sarana ekspresi serunya belajar di pesantren.” Tambahnya.

Ibnu Wicaksono, selaku Guru Bahasa Indonesia sekaligus pembina penulisan kreatif sastra Nuris menyatakan, “Selamat atas kesuksesan anak didik kami yang telah bersungguh-sungguh menyuguhkan karya sastra terbaiknya. Selain Faniyati sebagai juara 1 cipta puisi, juga Ananda juara 3 cerpen berjudul “Angan Gandi”.”

“Bersyukurnya Faniyati akan berlanjut mewakili Jember ke tingkat provinsi karena juara 1. Ini melanjutkan tradisi juara anak didik kami tahun 2023 lalu. Semoga Faniyati bisa memberikan karya terbaik dan bisa berlanjut ke FLS2N tingkat nasional, amin.” Tambahnya.[AF.Red]

Daftar Nilai Pengumuman Juara Cerpen FLS2N 2024 Tingkat Kabupaten Jember
Daftar Juara Cipta Puisi FLS2N 2024 Tingkat Kabupaten Jember
Related Post