Sabet Gelar Lc. dari Universitas Al Azhar Mesir, Lulusan MA Unggulan Nuris ini Ingin Lanjutkan Magister

Lulusan Sarjana Akidah Filsafat, Semangat Gapai Asa jadi Seorang Dosen di Masa Depan

Pesantren Nuris – Selamat dan sukses patut diapresiasikan kepada alumni Nuris yang satu ini usai sukses menamatkan pendidikan Sarjana Akidah Filsafat di Universitas Al Azhar Mesir. Setelah berjibaku dengan atmosfer perkuliahan di Benua Afrika tersebut, ia berharap dapat melanjutkan studi magister di kampus yang sama.

Muhammad Fauzan Adhim merupakan lulusan MTs Unggulan Nuris tahun 2015 dan MA Unggulan Nuris, Jurusan PK (Program Keagamaan) tahun 2018. Setamat menuntaskan pendidikan di Pesantren Nuris Jember tersebut, ia melalangbuana menjalani pendidikan sarjana di salah satu kampus tertua di dunia, Universitas Al Azhar Kairo Mesir pada Jurusan Akidah Filsafat.

“Awalnya ingin mendalami ilmu hadis saat di Mesir ini, tetapi dengan berbagai pertimbangan karena pada waktu itu saya mulai belajar Ilmu mantik, ilmu adab bahs wa muhadoroh, dan ilmu Kalam dan juga filsafat yang belum pernah saya pelajari ketika berada dipondok sehingga saya tertarik pada Jurusan Akidah Filsafat.” Ungkap Fauzan, sapaan akrabnya.

Apalagi berkat arahan dari Syaikhul Ma’had Pesantren Nuris Jember, KH. Muhyiddin Abdusshomad, yang mengharapkan ada alumni Nuris yang di Mesir mendalami ilmu akidah sehingga santri kelahiran Jember, 19 April 2000 tersebut hakkul yaqin kuliah pada jurusan tersebut.

(baca juga: Kuliah ke Negeri Seribu Wali Yaman, Alumni MA Unggulan Nuris dapat Beasiswa Pendidikan Penuh)

Perjalanan kuliah Fauzan di negeri piramida dapat dikatakan berjalan tanpa kendala berarti, tetapi bukan berarti tanpa rintangan. Kemauan dan tekadnya yang kuat untuk belajar di Mesir membuatnya mudah beradaptasi. Ia sempat mengikuti organisasi platform edukasi di awal kuliah, di sana ia banyak mendapat pengetahuan yang membuatnya memahami kultur belajar di sana.

Setelah menjalani 8 semester di Universitas Al Azhar tersebut, akhirnya lelaki asal Jl. PB. Sudirman no 40, Serut, Panti, Jember ini menjalani ujian akhir baik berupa ujian tulis maupun lisan. “ Di Mesir kalau sarjana tidak ada tugas menulis skripsi, tetapi ujian tulis dan lisan jadi ketika predikatnya baik sudah dinyatakan lulus dengan titel Lc.” ungkap Fauzan.

Seusai lulus dengan titel Lc. di belakang namanya pada November 2023 akhir tahun lalu, santri penyuka buku cerita ini berharap langsung dapat melanjutkan pendidikan magister di kampus yang sama. Ia bercita-cita menjadi seorang pengajar atau dosen dan sedapat mungkin berkhidmah di Pesantren Nuris Jember tempatnya menempa ilmu dulu. Selain itu, ia tetap ingin menyalakan impiannya untuk berbisnis di masa depan.[AF.Red]

Nama                    : Muhammad Fauzan Adhim
Ttl                           : Jember, 19 April 2000
Alamat                 : Jl. PB. Sudirman no 40, Serut Panti Jember
Hobi                      : baca buku cerita
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris tahun 2015; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2018
Kuliah                   : Universitas Al Azhar Mesir, Jurusan Akidah Filsafat

Related Post