Tampilkan Gamelan dan Dalang, Perpisahan TSEP Digelar Meriah

Full Perkenalkan Budaya Indonesia, Anggota TSEP Juga Belajar Gamelan di Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris- Rabu, 22 Mei 2024, di Aula MA Unggulan Nuris bertepatan dengan digelarnya acara pelepasan pelajar dari Thailand. Pelepasan ini di isi dengan acara permainan alat musik gamelan yang dimainkan oleh pelajar dari Thailand dan Nuris Van Java. Acara tersebut berlangsung dengan meriah dan dihadiri oleh seluruh kelas X MA Unggulan Nuris.

Lagu-lagu yang dibawakan beragam salah satu diantaranya adalah lagu wali songo. Selain menampilkan lagu dengan diiringi gamelan, penampilan cerita singkat (dalang) dengan menggunakan media wayang kulit turut mewarnai acara ini. Iqbal nama panggilan akrab pemain wayang kulit tersebut sangat lihai memainkan wayang bak seorang dalang professional “haha…akulah Gatot Kaca”.

Pemutaran video singkat juga turut menjadi runtutan acara. Video diputar dengan menggunakan proyektor sederhana. Namun karena ada beberapa sedikit kendala yang mengakibatkan pemutaran video tidak diselesaikan.

(Baca juga: Apa Saja Sih Kegiatan Anggota TSEP Ketika Berada Di Pesantren Nuris Jember? Yuk Intip!)

Meskipun memiliki latar belakang yang berbeda dan bertemu dengan waktu yang singkat. Untuk membangun hubungan yang dekat antara pelajar Thailand dan Nuris bukanlah sebuah penghalang besar. Beberapa pelajar dari Thailand dan Nuris terlihat beberapa kali berkomunakasi. Mereka menggunakan Bahasa Melayu yang memiliki sedikit kemiripan arti dengan Bahasa Indonesia.

Acara ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari pelajar asal Thailand. Melalui bantuan telepon pintar pelajar asal Thailand menyampaikan kesan dan pesan dengan menggunakan Bahasa Indonesia.”Terimakasih cikgu dan teman teman”. (nafis/red)

Related Post