Lulus Pascasarjana di IPB Bogor dengan Beasiswa, Alumni Nuris Ini Sangat Inspiratif

Pesantren Nuris- Alumni Pesanten Nuris yang satu ini baru selsekan kuliah pasca sarjananya. Avan adalah salah satu alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2008. Usai selesaikan studi Strata 1 (S1) di Fakultas MIPA progam studi MIPA Matematika Universitas Jember, pria yang juga ketua IMAN ini lanjut S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan statistic.

Hebatnya , pria kelahiran Sumberbaru ini mendapatkan kesempatan untuk berlanjut S2 secara gratis. Sebab dia termasuk mahasiswa peraih beasiswa LPDP, sebagai salah satu beasiswa yang dikejar oleh kebanyakan mahasiswa di Indonesia. Kini dia, sudah dinyatakan lulus pada 28 Agustus 2017 lalu dan tinggal menunggu wisuda.

Hebatnya lagi, dia lulus dengan predikat cumlaude. Masa studinya 2 tahun kurang 2 bulan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) mencapai 3,5. Selain itu, dia juga menjadi lulusan tercepat di angkatannya.

Target yang ingin dicapai pria kelahiran Sumberbaru, Jember ini adalah melanjutkan studi ke program doktoral atau S3. “Bagi saya pendidikan tidak hanya cukup sampai disini saja, melainkan pendidikan harus dikejar setinggi-tingginya. Oleh sebab itu, saya masih bercita-cita untuk melanjutkan kuliah hingga S3 dan kalau bisa di luar negeri,” tutur Avan.

Tidak heran jika Avan mampu lulus dengan predikat cumlaude, sebab sejak SMA dia aktif berorganisasi. Selama SMA, dia pernah menjadi Pempinan Redaksi Madani atau majalah Nuris dan Nusa Pala (Nuris Satu Pencinta Alam). Selanjutnya, selama kuliah S1, dia juga aktif di berbagai organisasi, di antaranya IKAHIMATIKA, Lembaga Pers Mahasiswa, HMI, dan berbagai organisasi lainnya.

(Baca juga: Nuris Ibarat Mata Air Selalu Menghidupkan, Ini Kiprah Alumni setelah Nyantri di Pesantren Nuris Jember)

Pria lulusan IPB ini memiliki harapan yang besar untuk adik tingkatnya di SMA Nuris Jember. “Saya berharap adik-adik memiliki fokus di bidang akademik sebagai modal untuk terjun ke kampus. Bisa membiasakan diri untuk menentukan bakat,” ungkap pria lulusan IPB tersebut. “Saya kuliah di matematika, karena dari awal saya sudah suka dengan angka,” tambahnya.

Banyak pesan yang disampaikannya untuk adik-adiknya di SMA Nuris Jember di antaranya temukan bakat dan perjuangkan sampai akhir. Selain itu, jika ingin meraih beasiswa siapkan dari sekarang. (Red/Yuv)

Related Post