SMA Nuris Jember Peringati Hari Pahlawan Nasional dengan Drama Kolosal

Pesantren Nuris– Siswa SMA Nuris Jember yang menamakan dirinya sebagai angkatan 27 tampilkan drama kolosal untuk peringati Hari Pahlawan Nasional (10/11/17).

Pertunjukkan tersebut digelar di halaman SMA Nuris Jember. Aktor dalam drama kolosan tersebut adalah siswa SMA Nuris Jember yang tergabung dalam anggota OSIS dan anggota Pramuka.

Garis besar cerita yang dipertunjukkan seputar perjuangan pahlawan dan rakyat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Tokoh Bung Tomo diperankan oleh Muhammad Fauzan (XI IPA 2) yang juga merupakan ketua OSIS SMA Nuris Jember 2017/2018.

Achi Wilfa (XI IPS 1) berperan sebagai raden Ajeng Kartini, Abdul Kharis (XI IPS 1) sebagai Cornelis de Houtman, siswa putra kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 berperan sebagai tentara Indonesia, tentara Belanda, dan rakyat Indonesia.

Hebatnya, siswa SMA Nuris Jember mampu menyulap halaman SMA Nuris Jember menjadi sebuah latar pertunjukkan seperti zaman Belanda. Tidak hanya itu, masing-masing aktor pun memakai pakaian yang sesuai dengan karakternya. Bahkan tokoh yang berperan sebagai orang Belanda pun gunakan bahasa Belanda.

Pertunjukkan menakjubkan tersebut, disaksikan oleh seluruh warga SMA Nuris Jember, mulai dari siswa SMA Nuris Jember, Bapak dan Ibu guru serta seluruh karyawan SMA Nuris Jember. Mereka terlihat kagum dan terkesima dengan pertunjukkan tersebut. Gemuruh tepuk tangan, tak henti-hentinya diberikan guna semangati para aktor.

Pertunjukkan teater kolosal perjuangan rakyat Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, seakan memberikan kesadaran bagi seluruh siswa SMA Nuris Jember bahwa kemerdekaan Indonesia tidak serta merta didapatkan rakyat Indonesia melainkan membutuhkan perjuangan yang luar biasa hingga titik darah penghabisan.

“Saya bangga dengan ide kreatif anak-anak untuk memberikan pertunjukkan teater kolosal ini. Sebab, hal tersebut menunjukkan bentuk penghargaan mereka terhadap jasa pahlawan,” ujar Sofyan Ari selaku waka kesiswaan SMA Nuris Jember.

(Baca juga: Siapa Sangka, Siswa SMA Nuris Jember Ini Dapatkan Juara 1 Teater Monolog dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional)

“Semoga dengan adanya pertunjukkan tersebut, semakin meningkatkan rasa cinta siswa SMA Nuris Jember kepada Indonesia,” tambahnya. (Red/Nanda)

 

Related Post