Miliki Kreativitas Tinggi, Siswa SMA Nuris Jember Ini Juara Desain Nasional

Pesantren Nuris- Tak hanya berprestasi di bidang sains saja, siswa SMA Nuris Jember juga berprestasi di bidang keterampilan yang lain. Terbukti siswa SMA Nuris Jember sukses sabet juara desain tingkat Nasional.  Siswa berprestasi ini bernama Muhammad Syariful Umam. Dia mendapatkan juara 2 lomba desain “Techfest” Poster di Universitas Jambi (29/9/2018). Lomba tersebut diselenggarakan oleh Universitas Jambi.

Lomba desain poster ini bertema “Indonesia dalam Genggaman dengan Teknologi Digital”. Dalam posternya, siswa yang terkenal pendiam ini menjelaskan bahwa hanya dengan teknologi digital kita bisa memberikan kendali di bidang-bidang tertentu terhadap negara. Misalnya, pengaturan listrik melalui teknologi digital, dan lain-lain. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menghasilkan sebuah desain  poster pemanfaatan teknologi tersebut. Kurang lebih 4 hari dengan waktu desain 1 jam per hari, dimanfaatkannya untuk menyelesaikan poster dan meraih juara.

(baca juga: Apresiasi Seno Gumira Ajidarma, Cerpen Ayu Novita Sari Juara Nasional LPDP Universitas Indonesia)

“Setelah melihat pengumuman dan dinyatakan mendapat juara 2, senang sekali dan tidak menyangka. Alhamdulilah setelah mengikuti berbagai cabang lomba, saya bisa tampil sebagai juara dan mengharumkan nama SMA Nuris Jember. Semoga ke depan prestasi saya semakin baik lagi,” kata Umam. Peraih juara 1 dalam ajang lomba desain “Techfest” ini adalah I Wayan Rama Swara asal SMA Negeri 5 Denpasar. Sedangkan juara favorit adalah Wahyu Mustofa asal SMK Negeri 2 Kota Jambi.

Banyak aspek yang menjadi penilaian juri, di antaranya komposisi warna, kesesuaian dengan tema, kesesuaian gambar, setiap gambar harus memiliki filosofi tertentu, dan beberapa penilaian lainnya. Menurut Umam, lomba desain tidak sama dengan olimpiade. Penilaiannya berbeda karena berdasarkan opini dan kesukaan juri, sedangkan di olimpiade penilaiannya jelas berdasarkan jumlah benar dan salah dari pengerjaan soal.

“Saya harus pandai menelaah filosofi dari masing-masing gambar. Setiap gambar yang saya desain memiliki makna tertentu. Semoga bakat ini bisa terus menerus saya kembangkan. Selain itu, saya akan selalu berusaha untuk mengharumkan nama SMA Nuris Jember,” imbuhnya.

(baca juga: Temukan Solusi Jajanan Sehat, Siswa SMA Nuris Jember Raih Juara 3 Karya Ilmiah se-Jawa Bali)

Menurut siswa yang selalu ingin tahu dengan perkembangan teknologi ini, hal yang paling sulit dalam membuat poster adalah memulainya karena harus memikirkan ide dan struktur dari poster yang akan dibuat. Dia juga mengaku, yang menarik dari poster adalah hasilnya baru terlihat setelah desain hampir selesai. Motto yang selalu diemban olehnya yaitu kreativitas adalah hal yang tak terbatas. (Red/Yuv)

Gambar Poster Karya Umam

Related Post