Mufidatul Haq, Siswa MTs Unggulan Nuris Juara Harapan Tiga KSM Matematika

Buah Dari Kerja Keras Dan Doa

Pesantren Nuris– MTs Unggulan Nuris turut berbangga, dengan keberhasilan salah satu siswa dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019 tingkat Kabupaten Jember, yang digelar pada 21 Juli 2019 di MTsN 1 Jember. Mufidatul Haq, siswa kelas IX F MTs Unggulan Nuris berhasil meraih juara harapan tiga pada mata pelajaran matematika, mengalahkan puluhan peserta lainnya.

Dengan persiapan kurang lebih dua pekan, Mufida mampu mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh panitia, meski ada kendala dia mampu melewatinya dengan mudah. Lomba olimpiade matematika ini berupa  paper based test (PBT), terdiri dari satu babak dengan jumlah soal 25 soal pilihan ganda, dan dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB.

(Baca juga: 2 Siswa Nuris Taklukkan Ajang Olimpiade Matematika SNF 2019 Tingkat Jawa Timur)

“Persiapan yang dilakukan yakni mendalami materi matematika, dan bimbingan dalam mengerjakan referensi soal olimpiade dari tahun-tahun sebelumnya, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, serta trik dan tips mengerjakan matematika dengan mudah dan cepat,” ujar Lendi Eka Hermawan, selaku pembina lomba matematika.

Setelah diumumkan menjadi salah satu juara, gadis kelahiran 5 April 2004 ini mengaku sangat senang, dan sama sekali tidak menyangka namanya akan disebut menjadi juara. Ia berharap kedepannya dapat kembali mengikuti lomba matematika, bahkan di tingkat nasional.

“Keberhasilan ini tidak luput dari doa kedua orangtua saya, guru, dan pengasuh. Harapan ke depannya saya ingin bisa mengikuti serta menjuarai lomba tingkat nasional, supaya dapat membanggakan kedua orangtua saya, guru-guru saya, serta almamater Nuris,” ujarnya penuh semangat. Sebelumnya Mufida juga pernah menjuarai lomba olimpiade matematika tingkat kabupaten dan provinsi.

(Baca juga: Enam Siswa MI Unggulan Nuris Juara Lomba Matematika Dan Sains Se Jatim)

“Saya bangga sekali kepada Mufida, semoga kedepannya lebih berkembang ke level berikutnya. Perbaiki semangat juangnya untuk ikut lomba, jangan gampang putus asa atau nyerah. Karena pelajaran matematika, materi dan level soal olimpiade banyak berbeda dengan pembahasan materi umum di kelas. Jadi harus lebih semangat,” Ujar Evi Rahmawati, selaku Waka kurikulum MTs Unggulan Nuris.

Beliau juga berharap, semoga keberhasilan ini dapat menginspirasi siswa lainnya untuk tidak takut berkompetisi dan menunjukkan potensi-potensi yang mereka miliki. [Red/Dev]

Related Post