Game Ala Budaya Indonesia

Penulis : Handini Fatihatun Nabila*

Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk terbanyak didunia, tepatnya menempati urutan ke-4 setelah China. Tak hanya itu, Indonesia juga kaya akan kepulauan. Mulai dari Sabang hingga Merauke, pulau Indonesia memiliki keragaman budaya yang khas di wilayah masing- masing.

Namun dewasa ini, budaya Indonesia yang amat beragam mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Khususnya pada kalangan pemuda. Generasi pemuda Indonesia lebih cenderung tertarik dengan kebudayaan asing ketimbang kebudayaan negara sendiri. Para pemuda zaman sekarang, lebih mengutamakan bermain gadget ketimbang mempelajari budaya negara ini. Hal ini, menimbulkan punahnya budaya Indonesia. Salah satunya seperti budaya wayang.

(Baca juga: Limbah Daun Waru Bisa Jadi Energi Alternatif Benarkah)

Wayang merupakan salah satu seni tradisional Indonesia yang berkembang khusunya di daerah Jawa dan Bali. Wayang sudah ada di Indonesia sekitar tahun 1500 sebelum masehi. Seni pertunjukkan wayang biasanya dimainkan oleh dalang yang dibantu dengan beberapa penabuh.  Asal mula wayang didasari karena adanya kepercayaan Animisme dan Dinamisme yang dianut oleh nenek moyang terdahulu. Wayang menggambarkan sifat-sifat yang ada pada diri manusia. Seperti sifat murka, kebajikan, dan serakah.

Untuk menganalisir permasalahan tentang lunturnya budaya Indonesia, siswa SMK Nuris Jember menciptakan sebuah inovasi untuk menjadikan seni tradisional wayang agar dapat tetap dilestarikan. GAWANG ( Game Wayang ) merupakan inovasi berbasis aplikasi mobile phone  online. Aplikasi tersebut mampu menjawab tantangan permasalahan di atas baik tentang isu pemuda maupun isu budaya yang mulai ditinggalkan.

Inovasi yang dicetuskan oleh siswa SMK Nuris Jember ini, akan meningkatkan proses kecintaan pemuda terhadap budaya bangsa. Aplikasi ini, terdiri dari beberapa fitur-fitur mengenai permainan wayang serta budaya umum tentang budaya bangsa melaluiĀ  kecanggihan teknologi. Dalam aplikasi ini ,juga menyediakan fitur-fitur yang menyerupai sifat-sifat asli wayang tersebut.

Adanya inovasi GAWANG ( Game Wayang ), dapat membantu seluruh lapisan kalangan masyarakat untuk lebih mencintai budaya bangsa sendiri khusunya dalam segi seni tradisional perwayangan yang mulai dilupakan oleh generasi muda saat ini. Inovasi GAWANG ( Game Wayang ) juga dinilai sangat mudah untuk dioperasikan dan  sesuai untuk tantangan zaman yang kebanyakan digunakan dengan gadget.

 Tak hanya itu, dalam inovasi GAWANG juga disediakan pengaturan bahasa berupa bahasa nasioanl dan juga bahasa Internasional. Adanya Video pertunjukan wayang juga menjadi salah satu keunggulan dari game GAWANG tersebut agar masyarakat yang tidak tahu sama sekali tentang dunia perwayangan bisa mendapat pengetahuan dari inovasi tersebut.

Dengan demikian, diharapkan inovasi GAWANG ( Game Wayamg ) dapat mrnjadi program dalam mencintai budaya sendiri. Inovasi ini juga diharapkan dapat bekerja sama dengan KEMENDIKBUD untuk melakukan program uji program kepada kalangan pemuda untuk melihat efektifitas dari program inovasi ini serta diharapkan kepada kalangan pemuda untuk dapat mengoperasikan aplikasi ini dengan baik dan mengimplementasikannya dalam kehidupan agar dapat mencintai budaya sendiri.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post