Santri Raih Sarjana Akuntansi Syariah, juga Jabat Ketua Pengurus PP Darussalam

Pilih Jurusan Kuliah karena Kecintaan Pelajaran Ekonomi saat masih di SMA Nuris Jember

Pesantren Nuris – Seorang santri tak hanya pandai mengaji, seperti alumni Nuris yang satu ini, tetapi juga mampu sukses raih gelar sarjana akuntansi syariah meski kesibukannya sempat terbelah dengan amanah menjadi pengurus Pondok Pesantren (PP) Darussalam, Jember. Bagaimana kiprah inspiratifnya? Ayo baca dong kisahnya…

Lelaki ganteng ini bernama Ahmad Zurul. Dia pernah menuntut ilmu di SMA Nuris Jember, jurusan IPS dan lulus tahun 2015 silam. Seusai sekolah dan nyantri di Pesantren Nuris Jember, dia melanjutkan studi sarjana di salah satu kampus negeri favorit di Jember yakni IAIN (Institut Agama Islam Negeri).

Karena menyukai mata pelajaran ekonomi sedari SMA dulu, membuatnya termotivasi untuk melanjutkan studi sarjana di bidang yang terkait yakni, akuntansi syariah. Kuliah dalam bidang yang memang diidamkannya turut menghantarkan perjaka kelahiran Jember, 4 Juli 1998 tersebut dapat menuntaskan kuliah dalam waktu yang normal.

(baca juga: Resmi Sandang Gelar Sarjana, Alumni Nuris Berkarier di Perusahaan Alat Kesehatan)

Dengan penelitian ilmiah yang dituangkan dalam skripsi berjudul “Pengaruh Struktur Modal dan Likuiditas terhadap Kinerja Perusahaan pada Bank Umum Syariah  di Indonesia Tahun 2013-2017”, Zurul, sapaan akrabnya, mampu meyakinkan dosen penguji dan berhasil lulus dengan capaian akademik cumlaude yakni, 3,64.

“Alhamdulillah saya menuntaskan studi sarjana dan diwisuda pada tanggal 19 Desember 2019 lalu. Meski saya juga mengabdi dan menjadi pengurus di Pondok Pesantren Darussalam, dan juga sempat aktif di UKM olahraga, ya tetap bisa bagi waktu sehingga tidak ada yang terbengkalai.” Tutur pemuda yang getol sekali dengan olahraga futsal dan sepakbola ini.

(baca juga: Berkah Kuliah seraya Mengabdi, Alumni Nuris Sukses Raih Gelar Sarjana di FIB UNEJ)

PP Darussalam merupakan pesantren yang masih memiliki kekerabatan dengan Pesantren Nuris Jember. Baginya tak canggung meski diamanahi sebarek tugas kepengurusan di pesantren yang berlokasi dekat stasiun kereta api daerah kota di Jember tersebut. Tak tanggung-tanggung, berkat kecakapannya, kini dia didapuk menjadi ketua pengurus untuk masa bakti 2020/2021.

“Bagi saya santri itu ya harus rajin mengaji, menimba ilmu, dan mengabdikan diri. Sejak berada di Nuris pun telah banyak membentuk karakter saya hingga sampai seperti ini. Sangat bangga menjadi alumninya, terus jaya dan berkarya almamaterku dan berikan manfaat untuk bangsa.” Imbuh lelaki asal Sukowono, Jember tersebut.[AF.Red]

Nama                    : Ahmad Zurul

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPA, lulusan tahun 2015

Kuliah                   : jurusan akuntansi syariah, IAIN Jember

Related Post