Kecil-kecil Penghafal Alquran, Tasyakkuran Bersama Para Guru

Kecil-kecil Penghafal Alquran, Tasyakkuran Bersama Para Guru

Pesantren Nuris – MI Unggulan Nuris Jember memiliki banyak talenta penghafal Alquran. Madrasah berbasis fullday school tersebut memiliki program unggulan bagi setiap siswanya untuk intensif menghafal Alquran. Terbukti, dalam bulan Januari 2017 segenap siswanya telah mampu menamatkan hafalan Alqurannya hingga 3 Juz.

Data mutakhir dari Kepala Badan Penjamin Mutu MI Unggulan Nuris Jember, Ning Lailatul Happy Dian, menyatakan bahwa saat ini ada 18 anak hafal 1 juz, 4 anak hafal 2 juz, dan 1 anak hafal 3 juz. “Ini adalah potensi yang luar biasa dari siswa MI Unggulan Nuris. Kecil-kecil seperti mereka sudah mampu menghafal Alquran. Tentu ini menjadi motivasi tersendiri bagi anak didik lainnya.” Tukasnya.

(Baca juga: Pelepasan Santri Nuris Mengajar ke Tiga Negara (Thailand, Malaysia, Singapura) )

“Dengan program fullday school, pola pendidikan anak-anak lebih mengoptimalkan waktu untuk mendidik akhlak, ngaji, dan belajar ilmu umum. Bahkan kami memprogramkan agar setiap anak harus mampu minimal menghafal 1 juz yakni juz amma atau sering dikenal dengan juz 30.”

Selain menghafal Alquran, siswa-siswi MI Unggulan Nuris juga banyak yang sudah mampu menghafal kitab Aqidatul Awam. Menjadi keunggulan tersendiri bagi madrasah ibtidaiyah yang berada di kawasan Antirogo ini dalam memberikan pendidikan bagi anak didiknya.

Upaya meningkatkan kualitas MI Unggulan Nuris Jember terus dilakukan pembenahan. Khususnya bidang tahfiz dengan berbagai strategi yakni, adanya ekstrakurikuler Tahfiz, memperdayakan wali kelas untuk mengevaluasi hafalan siswanya, mengatur jadwal setoran hafalan siswa secara intensif dan komprehensif, dan yang terpenting juga adalah menyelenggarakan tasyakkuran bagi tiap anak yang telah mampu menamatkan hafalan 1 juz.

“Tasyakkuran merupakan hadiah bagi anak yang mampu menghafal 1 juz Alquran, siapa pun dan kapan pun anak tamat hafalannya langsung kami adakan hal tersebut. Ini bertujuan agar anak tersebut merasa bangga dan meningkatkan motivasi mereka untuk terus memulai hafalan lagi.” Ungkap Ning Dian, istri Pengasuh Pesantren Nuris Jember tersebut.

“Mengingat banyaknya kegiatan di MI Unggulan Nuris dan termasuk 21 ekstrakulikuler yang diikuti oleh anak-anak, terasa penting sekali adanya tasyakkuran bagi anak-anak tahfiz sebagai bentuk apresiasi bagi mereka.”

(Baca juga: Bergaya Khas Tjokroaminoto, Nuris Rebut Dua Piala Pidato Bahasa Indonesia di Ujung Tahun 2016 )

“Kami berharap ke depannya potensi siswa MI Unggulan Nuris terus meningkat dari berbagai bidang. Banyak prestasi yang telah diraih siswa-siswi MI Unggulan Nuris, mulai dari bidang sains, seni, bahkan kami menargetkan prestasi bidang tahfiz juga. Mohon doanya, yang terdekat di sini yakni, siswa MI Unggulan Nuris Jember mampu meningkatkan hafalannya hingga 5 atau 6 juz. Semoga tercapai. Amin.” Tutupnya dengan bangga dan penuh harap. [AF.Red]

Related Post