Roket Paralangit Karya Siswa Nuris Menembus Awan

Roket Paralangit Karya Siswa Nuris Menembus Awan

Pesantren Nuris – Siswa SMA Nuris Jember bereksperimen membuat roket air yang menakjubkan (10/1). Roket yang diterbangkan dengan prinsip momentum dalam pelajaran fisika tersebut mampu dilecutkan sesuai dengan kendali.

Hilmi Bin Abdussalam, guru Mata Pelajara Fisika menjelaskan, “Saya mengupayakan agar anak-anak belajar fisika secara praktis. Fisika tidak melulu soal kerumitan teori dan nalar saja, tetapi juga aplikatif untuk hal-hal yang bermanfaat bagi umat manusia.”

(Baca juga: Pelepasan Santri Nuris Mengajar ke Tiga Negara (Thailand, Malaysia, Singapura) )

“Inilah rasanya menjadi saintis atau ilmuwan, dan anak-anak sudah merasakannya sehingga pelajaran fisika lebih menyenangkan. Terlihat antusias anak-anak sangat besar, apalagi di kelas sains yang ada di SMA Nuris Jember tersebut.” Tambah sosok guru cerdas tersebut.

Guru-guru di Nuris memang diminta membuat produk dalam setiap pelajaran yang diampunya. Paling tidak satu produk dalam satu semester. Hal ini membutuhkan daya kreativitas dan inovasi setiap guru agar siswa merasa lebih dekat dan terlibat dalam pembelajaran.

“Harapan saya produk pembelajaran ini terus ditingkatkan. Apalagi Nuris sudah banyak menciptakan produk unggulan yang telah memenangkan sekian lomba secara nasional seperti, D’tronic gator (Alat Penetas Telur otomatis) dari SMA Nuris Jember, D’tron Alarm Flow (Alat Pendeteksi Kebocoran Gas Otomatis) dari MA Unggulan Nuris, dan Mobil Gokart Mini karya SMK Nuris Jember, serta alat inovasi teknologi lainnya.” Tegas Hilmi.

(Baca juga: Studi Tour SMA Nuris Jember ke Berbagai Kampus di Malang )

Salah satu siswa kelas XI Sains SMA Nuris Jember, Peraih Juara 2 Nasional Inovasi Teknologi Kesehatan di Universitas Brawijaya Malang 2016, Ahsan Afano berkomentar, “Dengan roket ini saya berharap di masa depan siswa Nuris mampu menerbangkan pesawat ulang alik hingga ke bulan menembus awan dan atmosfer bumi. Semoga teman-teman menjadi saintis yang mampu bermaslahat bagi alam semesta. Amin.” [AF.Red]

dsc01058 dsc01063

Related Post