Tempat Strategis, Nuris Jadi Tuan Rumah Semifinal Musabaqoh Kitab Kuning 2017

Pesantren Nuris– Garda bangsa pemuda dari partai PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) mempunyai program rutin yakni lomba musabaqoh kitab kuning yang bertepatan dilaksanakan di Pesantren Nuris Jember hari Minggu (21/05). Dalam lomba ini ada enam zona dan Jember bertempat di zona ketiga yang meliputi wilayah Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo kota dan kabupaten.

(Baca juga : Ini Dia Hasil Tes Reguler MA Unggulan Nuris )

Tujuan diadakannya musabaqoh kitab kuning ini untuk menggali potensi santri, generasi kita saat ini harus menekuni kitab kuning karena sekarang banyak para kyai dan ulama’ yang wafat dan sulit untuk mencari penggantinya.

Peserta yang ikut dalam acara ini kurang lebih 65 santri dan pelaksanaan lomba ini meliputi dua kategori yaitu ula dan ulya. Kategori ula meliputi lomba nadlhom imrithi dan qiraatul kitab Fatqul Qorib sedangkan ulya meliputi lomba nadlhom alfiyah dan qiraatul kitab ihya’ ulumuddin.

Juri dalam perlombaan ini sudah dipilih oleh DKN (Dewan Koordinasi Nasional ) dari Jakarta, yang merupakan kyai-kyai muda berusia 40-50 tahun.

“Semoga acara ini bisa memotivasi para santri untuk terus belajar mendalami kitab-kitab dan memahaminya secara keseluruhan, supaya bisa menjadi penerus-penerus para kyai di masa mendatang,” ujar salah satu panitia. (Red/Shilut)

Related Post