Kultum: Belajar Menjadi Penerus Kyai

Pesantren Nuris – Senin, (29/17) bulan Ramadhan ini Ustd. Alivia Nadatul Aisyi, pengurus Ubudiah di pesantren Nuris Daltim menambah Kultum sebagai program baru di bulan penuh berkah ini. Ustd muda ini ingin para santri melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat  di bulan yang hanya ada satu kali dalam setahun ini.

Tujuannya, selain melatih santri percaya diri untuk  tampil di depan banyak orang, juga supaya para santri yang lain bisa mendapat pelajaran dan pesan-pesan dari  kultum yang disampaikan oleh santri yang bertugas setiap malamnya menurut jadwal yang telah di tentukan.

Kurang lebih empat puluh empat santri yang dipilih untuk menyampaikan Kultum tersebut. setiap harinya ada empat santri yang membawa kultum ke empat  tempat tarawih.

Baca juga : (Doa Sesudah Sholat Witir beserta Kaidah dan Fadhilahnya)

 “Materi yang akan disampaikan untuk kultum, mereka harus mencari referensinya sendiri di perpustakaan pondok Daltim, rencananya untuk melatih mereka menjadi mandiri,” ungkap Alivia, “waktu penyampaian kultum tersebut adalah minimal 5 menit dan maksimal 7 menit,” tambahnya.

“Awalnya saya lebih dari sekedar takut dan gerogi ketika hari ketiga jadwal saya untuk menyampaikan kultum. Tapi alhamdulillah setelah saya maju ternyata saya bisa menyampaikan yang terbaik apa yang saya ketahui dan sudah saya pelajari tadi, sekarang saya merasa kurang dan ingin membaca kultum untuk santri kembali,” aku Shinta Lutfi sambil tersenyum.

“saya sangat mengapresiasi  usulan program ini, karena saya berfikir ketika santri keluar dari pondok mereka akan menjadi penerus bangsa terutama kyai untuk berdakwah,” kata Ustd. Ramzatul Widad, ketua pondok Daltim.

 

Related Post