Kumpulkan Bintang, 500 Santri Nuris Giatkan Program Ramadhan

Pesantren Nuris – Menjalani bulan Ramadhan tahun ini, asrama Nuris Daltim (Dalem Timur) yang berada di bawah asuhan Gus Robith Qosidhi Lc. membuat kelompok tadarus. Kelompok tadarus ini setiap harinya akan mengejar target menghatamkan Alquran sebanyak mungkin.

Mereka melakukannya setiap setelah sholat Tarawih berjamaah dengan didampngi oleh masing-masing ustazah yang telah di tentukan dalam  setiap kelompok.

Masing-masing kelompok akan mendapat satu bintang penghargaan dalam satu kali hatam membaca Alquran (tadarus). Kumpulan bintang tersebut akan di tempel di mading pondok.

“Kelompok yang paling banyak mendapat bintang, nanti akan diberi hadiah oleh pengasuh ketika malam puncak sehari sebelum liburan. ” Tutur Ustazah Widad, ketua pondok Daltim. “Tujuannya, supaya anak-anak bisa lebih  bersemangat dalam beribadah, tetapi saya selalu bilang bahwa, jangan pernah kalian niatkan untuk bisa mendapat bintang yang banyak, sedangkan ngajinya seperti dikejar kereta api.” Tambahnya.

“Saya suka dengan adanya program ini, selain saya bisa mengaji bersama teman-teman, saya juga bisa memperbaiki kekurangan dalam mengaji saya selain di kelas MQ (Madrasah Quran) sehabis maghrib.” Ujar  Fina salah satu anggota kelompok satu tadarus Alquran, ketika ditanya pendapatnya mengenai kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan tiba ini.

(Baca juga: Buldoser Mini SMK Nuris Jember Canggih dan Tangguh)

Semua santri wajib mengikuti tadarus Alquran, kecuali yang berhalangan. Setiap hari pengurus ta’lim mengontrol presensi kehadiran santri guna melatih kedisiplinan mereka. (Red/Mil)

 

Related Post