Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui TABER

Pesantren Nuris – Kini Tim Website Pesantrennuris.net memiliki agenda baru yamg bernamakan TABER atau Tadarus Berita. Kegiatan ini berlokasikan di Pondok Pesantren Nuris Jember, Jawa Timur.

“Sebenarnya ini bukan yang pertama kalinya, karna agenda ini sudah berjalan sejak lama dengan didampingi langsung oleh Pengasuh, Gus Robith Qashidi Lc. Karena Ustadzah Alivia sibuk untuk mempersiapkan KKNnya, jadi yang mendampingi Taber setiap minggunya adalah uatadah Yolanda,” tutur salah seorang Tim Website Pesantrennuris.net.

(Baca juga: Santri Nuris Harus Sekolah Tinggi )

Menurut salah satu pembina tim website, Ustadzah Alivia, ia mengatakan banyak sekali manfaat dari agenda rutin yang berjadwalkan setiap hari minggu setelah shalat sunnah dhuha tersebut. Salah satunya ialah menambah kosa kata yang yang asing atau kata – kata yang belum mereka ketahui.

TABER adalah sebuah agenda dimana anak – anak diupayakan untuk menggali dan meningkatkan potensi tulis menulis di website Pesantrennuris.net. Ada dua kunci dalam agenda rutin ini, pertama adalah membaca. Membaca akan lebih meningkatkan cara tulis menulis dan yang kedua menganalisis berita, dari sana mereka akan lebih mebgenal bagian – bagian berita.

Pada awalnya setiap anak akan mendapatkan contoh berita tiga hari sebelum hari minggu. setelah itu, pada hari minggunya mereka akan membawa contoh berita yang sudah mereka analisis sebelumnya dengan menganalisis unsur-unsurnya yang dipandu dengan ADIKSIMBA (Apa, dimana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana) terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan menceritakan kembali contoh berita yang mereka baca menggunakan bahasa mereka sendiri.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan ini juga membantu anak –anak dalam menyukai pelajaran bahasa indonesia di keklas sekolah formal dan meningkatkan pengetahuan, serta keterampilan menulis mereka. (KO/RED).

Related Post