NSEP Tarik Puluhan Santri untuk Bergabung

Pesantren Nuris – Menjulang kesuksesan pada tahun sebelumnya, kini NSEP (Nuris Student Exchange Student) 3 Negara Thailand, Malaysia dan Singapore kembali membuka pendaftaran sejak akhir Mei-16 Juli untuk tahun ke-3. Informasi mengenai pendaftaran NSEP ini dilakukan dengan mensosialisasikan secara langsung per-kelas oleh anggota NSEP tahun lalu.

(Baca  juga: 7 Santri Internasional Jajaki Bahasa Indonesia)

Menurut kesepakatan panitia NSEP, panitia menyediakan 30 kuota yang tentunya para calon anggota NSEP akan melewati beberapa tahap seleksi terlebih dahulu sebelum dinyatakan lulus mengikuti program Internasional ini.

Beberapa seleksi yang harus dilewati oleh calon peserta yakni, tes membaca Al-Quran, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan yang terakhir adalah interview, tidak hanya itu, mereka harus mencapai nilai ketuntasan yang telah ditentukan untuk tiap-tiap tes. Serta, mereka juga harus mempunyai talenta dalam bidang mengajar, karena dalam program pertukaran pelajar ini, mereka tidak hanya belajar, namun setiap anggota NSEP dituntut untuk bisa mengajar dengan baik.

Terkait akan hal itu, nilai yang tinggi tidak menjadi satu-satunya penentu diterimanya calon peserta, akhlak yang baik juga menjadi penentu utama. Mengingat program pertukaran pelajar ini tidak hanya membawa almamater Pondok Pesantren Nurul Islam , namun juga membawa nama Indonesia.

“Untuk proses seleksi kami juga mengutamakan akhlak. Dalam tahap ini, kami juga bekerja sama dengan pihak sekolah khususnya wali kelas agar lebih mengamati perilaku siswa-siswinya  yang mendaftar untuk program NSEP ini,” ungkap Nuris Sabila salah satu panitia.

Setelah melewati beberapa tahap seleksi dan dinyatakan lulus, mereka akan melewati sekitar 3-4 bulan bimbingan belajar sebagai bekal mereka nantinya di Negara Gajah putih. Adapun materi yang harus mereka kuasai adalah, bahasa Thailand, bahasa Inggris, Bahasa Arab dan adat istiadat masyarakat Thailand. Tes seleksi dimulai sejak tanggal 20 Agustus 2017.

“Pesan saya untuk tahun ini adalah, buatlah kesan yang lebih baik dari pada tahun kemarin. Karena dengan kesan yang baik kita akan mempunya daya tarik untuk adik kelasnya,” imbuhnya. (IRA/RED)

Related Post