Sambangi Makam Leluhur, Gus Rahmat Ajarkan Siswa Hidup Bersahaja

Sambangi Makam Leluhur, Gus Rahmat Ajarkan Siswa Hidup Bersahaja

Pesantren Nuris – Segenap perwakilan siswa SMP Nuris Jember mengunjungi makam leluhur salah satu keluarga besar anggota majelis Pengasuh Pesantren Nuris Jember (22/8). Kegiatan yang dikomadani langsung oleh Gus Rahmatulloh Rijal, Kepala SMP Nuris Jember, ini berlangsung spontanitas untuk memperlihatkan segenap siswanya tentang jejak bakti leluhurnya terdahulu.

Siswa dan siswi SMP Nuris Jember yang terlibat dalam agenda itu tampak mengikuti tahlilan dan doa di kompleks pemakaman keluarga di Dukuhmence’, Panti, Jember dengan khusu’. Selain Gus Rahmat, guru yang mengikuti napaktilas leluhur tersebut adalah Suharto, Kesiswaan SMP Nuris Jember, dan Ustad Tamimurrohman, Biro Perizinan dan Keamanan Pesantren Nuris Jember.

(Baca juga: Muhadloroh: Gaya Kreativitas Santri di Akhir Pekan )

Gus Rahmat mengaku, agenda tersebut tidak direncanakan sebelumnya. Kebetulan saat mendampingi pencairan PIP (Program Indonesia Pintar), terlintas menyambangi makam leluhurnya. Sebab, hal ini sangat bermanfaat juga bagi anak-anak untuk terjun langsung mengamalkan amaliyah ahlussunnah wal jamaah, yang selama ini dibimbing oleh abina KH. Muhyiddin Abdusshomad yakni, ziarah kubur.

“Dengan berziarah, saya ingin menunjukkan kepada anak-anak bagaimana hidup harus bersahaja dan tidak berlebih-lebihan. Tanpa mereka yang telah mendahului, kita tidak akan pernah ada. Maka kita harus terus mendoakan yang tebaik untuk leluhur kita kepada Allah SWT.” Tegas Gus Rahmat.

(Baca juga: Girangnya Siswa SMP Nuris Jember Raih Sepeda dari Jokowi )

“Lagi pula ini menjadi salah satu esensi belajar yang praktis bagi anak-anak bukan?” Tegas Gus Rahmat ketika diwawancarai oleh tim Pesantrennuris.net. “Makam yang kami kunjungi di antaranya, KH. Abdul Mughni, Nyai Hj. Salwa, KH. Muntaha, dll.” Imbuhnya.[AF.Red]

Related Post