Dominasi Lomba Reportase, Nuris Sisihkan 120 Peserta

Pesantren Nuris- Rizky Afdal Pribadi siswa SMA Nuris Jember kelas XI IPA 1 ini tampil sebagai pemenang dalam  lomba baca berita se kabupaten Jember (14/9/2017). Siswa yang juga pernah juarai lomba teater monolog ini, berhasil dapatkan juara 2 dalam lomba baca berita tingkat kabupaten Jember  yang digelar Universitas Terbuka (UT) Jember di kampung Jacklode Jember.

Lomba baca berita ini dilaksanakan dalam rangka HUT UT ke 33. Lomba tersebut diikuti oleh 120 siswa SMA sederajat se-kabupaten Jember. Nuris mengirimkan 6 siswanya terbaiknya, di antaranya Rio Noval (SMK Nuris Jember),  Shofia Lizamatul H. (siswa MA Unggulan Nuris), Faidiyatul Elbas, Wardatul Jannah, Rizqi Wardatul F, dan Rizky Afdhal (SMA Nuris Jember)

Membanggakan, Nuris mengirimkan 6 siswanya untuk mengikuti lomba tersebut dan empat di antara mereka berhasil menjadi 10 pembaca berita terbaik. Mereka adalalah Rizky Afdal P. , Rizky Wardatul F., Wardatul Jannah, dan Shofia Lizamatul N

Sebagai bentuk apresiasi, UT memberikan  tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar 1 juta rupiah kepada Rizky Afdal siswa SMA Nuris yang berhasil dapatkan juara itu. Tidak hanya itu, keempat siswa Nuris juga diberi kesempatan untuk mengikuti Jalan-Jalan Sehat (JJS) bersamaan dengan pembagian piala untuk pemenang lomba baca berita (17/09/2017).

(Baca juga: Juarai Esai Nasional di UGM Yogyakarta, Risa Banggakan Almamater Nuris)

Pengalaman lomba baca berita ini, pertama kalinya bagi Rizki dan tidak disangka dia berhasil dapatkan juara 2 dalam perlombaan tersebut. Baginya, memiliki keyakinan yang tinggi untuk menjadi pemenang adalah kuncinya. Dia hanya berlatih selama tiga hari untuk persiapan lomba tersebut.

Latihannya dilakukan dengan berlatih membacakan berita seputar UT, karena sistem lombanya siswa diberi teks oleh panitia setelah daftar ulang atau registrasi peserta, jadi mendadak dan peserta harus siap.

Bersama pembina Ekstrakurikuler Broadcasting Nuris, Alwi Al Haddad, Rizky dilatih metode membaca berita sesuai gesture dan intonasi layaknya anchor di stasiun televisi ternama. Meski dengan waktu yang relatif singkat dalam persiapannya, peserta dari Nuris terbilang cukup sukses sebab mampu mendominasi 10 peserta terbaik.

“Dalam lomba baca berita ini, saya hanya bermodal keyakinan. Di samping itu selalu berusaha dan berdoa. Saya tidak menyangka dapatkan juara 2 dalam lomba baca berita tersebut karena saya berlatih hanya 3 hari”, ungkap Rizky.

Rizky memang dikenal sebagai siswa yang aktif. Dia merupakan ketua umum ekstrakurikuler Nuris. Prestasi yang berhasil dipersembahkan untuk Nuris juga luar biasa. Dia pernah mendapatkan juara 1 lomba baca puisi se-Besuki Raya, harapan 1 tingkat Jatim, dan juara 1 lomba teater monolog tingkat kabupaten.

“Semoga dengan pengalaman lomba baca berita tersebut, saya bisa mengembangkan kemampuan untuk membaca berita dan tidak hanya berhenti pada lomba tersebut saja. Kemenangan bukan akhir dari segalanya,”tambahnya. (Red/Yuv/Af)

Related Post