Selenggarakan Seminar Nasional, Upaya Giatkan Literasi Santri

Selenggarakan Seminar Nasional, Upaya Giatkan Literasi Santri

Pesantren Nuris – Seiring dengan peluncuran Majalah Nuris (MN) edisi kesebelas yang telah dilaksanakan sepekan lalu, kini Tim Redaksi bersiap menerbitkan edisi ke-12. Demi menyukseskannya, MN selenggarakan Seminar Nasional bertema “Ikhtiar Mengembalikan Kejayaan Santri” pada hari Jumat dan Sabtu (08-09/09).

Seminal Nasional kali ini akan diisi oleh pemateri professional dan konsern di bidang kepesantrenan dan keislaman. Sebut saja, Ahmad Ginanjar Sya’ban (Direktur Islam Nusantara Center dan Pakar Manuskrips Nusantara), Faik Ihsan Anshori (Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta dan Mantan Pimred Arus Kampus Mesir), dan Irwan Masduqi (Pengurus Lakpesdam PBNU).

(Baca juga: Tingkatkan Minat Menulis Santri, Diklat Website Datangkan Jurnalis Profesional )

Pemilihan tema MN kali ini bukan tanpa alasan, melainkan harapan dan keinginan kuat untuk mewujudkan motivasi santri dalam keterlibatannya pada peradaban dunia. “Seperti kita ketahui dalam sejarah dunia, muslim pernah berjaya dalam budaya dan pemikiran baik teoritis dan praktis. Hal ini melatarbelakangi mimpi kami di MN edisi ke-12.” Ungkap Imam Sainusi, selaku Pemimpin Umum MN.

Sementara itu, Alivia Nadhatul Aisyi, Ketua Panitia sekaligus Pemimpin Redaksi MN menyatakan, “Kami terus berupaya membangkitkan semangat literasi santri dengan adanya seminar bertaraf nasional ini. Ke depan, akan banyak kegiatan seminar dan agenda motivasi literasi santri yang berkesinambungan.

Peserta seminar nasional yang diselenggarakan MN ini adalah santri yang bergiat di Ekstrakurikuler KIR Nuris (Karya Ilmiah Remaja) kategori Sosial-Budaya, Inovasi Teknologi, Kesehatan, dan Biokimia; Tim Website Pesantrennuris.net dan Ekstrakurikuler Jurnalistik; dan Segenap Tim Redaksi dan Penulis MN.”[AF.Red]

Related Post