Jebolan Kelas Tahfiz MTs Unggulan Nuris, M. Farhan Rahardian, Sabet Juara Tingkat Provinsi di SMADA Surabaya

Jebolan Kelas Tahfiz MTs Unggulan Nuris, M. Farhan Rahardian, Sabet Juara Tingkat Provinsi di SMADA Surabaya

 Pesantren Nuris – Lagi-lagi siswa MTs Unggulan Nuris menorehkan prestasi gemilang di kancah Provinsi Jawa Timur. Adalah M. Farhan Rahardian, siswa MTs Unggulan Nuris kelas VII Tahfiz tersebut meraih juara 2 Tahfizul Quran di SMA Negeri 2 Surabaya (30/09/2017).

Keberhasilan M. Farhan Rahardian tersebut sontak membanggakan almamater Nuris. Hal ini lantaran betapa sulitnya meraih juara tersebut di kancah provinsi dan bersaing dengan berbagai sekolah atau madrasah salaf yang hanya fokus pada pembelajaran Alquran. Sedangkan MTs Unggulan Nuris adalah madrasah yang mengintegrasikan pembelajaran pesantren (meliputi pelajaran kitab kuning dan Alquran) dengan pengetahuan umum.

(baca juga: Presentasi Jempolan, Siswa MTs Unggulan Nuris Rebut Piala Perpusda 2017)

Siswa mungil dan cerdas ini mampu menyisihkan lebih dari ratusan peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur. Dengan persiapan karantina kurang lebih dari sepekan, akhirnya Farhan mampu memberikan piala kemenangan Tahfizul Quran 2 juz tersebut. Farhan, siswa MTs Unggulan Nuris yang berasal dari Mangli, Jember ini diapit oleh Haliza N. dan Lathifah Az Zahidah sebagai juara 1 dan 3 yang sama-sama dari SMP IT Darul Fikri Sidoarjo saat dokumentasi juara lomba tersebut.

Lomba Tahfizul Quran ini meliputi hafalan juz 29 dan 30. Kriteria penilaian dalam lomba ini selain kategori tahfiz (hafalan), juga meliputi penguasaan tajwid, fashohah, bahkan variasi lagu saat melantunkan ayat suci Alquran yang dijadikan soal. Dewan hakim yang menilai pun tidak sembarangan, mereka berasal dari pembina LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Provinsi Jawa Timur.

Prestasi Thafizul Quran kali ini menjadi rentetan prestasi MTs Unggulan Nuris dari berbagai cabang ekskul baik sains, nonsains, dan bahasa asing. Sejak Juli  hingga Oktober 2017 ini saja, MTs Unggulan Nuris mampu meraih 13 piala muali tingkat kabupaten hingga provinsi. Mulai dari Juara 1 Pidato Bahasa Arab, Juara 1 Baca Puisi, juara 3 Implementasi Budaya Baca, hingga Juara 2 Tahfizul Quran Provinsi.

(baca juga: Program Tahfidz MTs Unggulan Nuris, Kian Unggul)

Kepala MTs Unggulan Nuris yang diwakili oleh Ning Hasanatul Kholidia, mencangkan program unggulan bidang Tahfizul Quran dengan sistem kurikulum Al Azhar, Kairo, Mesir. Sejak dua tahun berlalu kali ini memetik hasil manisnya. Kelas khusus tahfiz memang dibentuk bagi yang ingin meningkatkan hafalan Alqurannya sekaligus memperoleh pelajaran umum yang memadai. Siswa yang masuk kelas tersebut juga harus memenuhi syarat dan terbatas.

Ustad Berril, pembina Tahfiz khusus kelas putra yang langsung dimonitoring langsung oleh Ning Lidia, selalu mengagendakan murojaah khusus dalam meningkatkan potensi hafalannya. Selain itu, mereka juga mendapatkan materi tartil dan tilawah agar bacaan Alqurannya tambah berkualitas.

“Alhamdulillah berkat kerja keras dan ketekunan anak-anak akhirnya Farhan mampu bersaing di tingkat Provinsi. Bukan sekadar lombanya yang kami syukuri, tapi semoga mampu memberikan barokah dan manfaat atas hafalan Alquran ini. Amin.” Ungkap Ustad Berril, Hafiz 30 Jus tersebut.[AF.Red]

Related Post