SMK Nuris Jember, Sekolah Kejuruan Juarai Lomba Implementasi Budaya Baca Se-Jember

Pesantren Nuris – Mengejutkan, tim resume buku biografi tokoh SMK Nuris Jember juarai lomba Implementasi Budaya Baca Se-Kabupaten Jember. Mereka berhasil dapatkan juara 2, satu tingkat di bawah SMA Negeri 1 Jember.

Lomba tersebut digelar di Perpustakaan Daerah Jember yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah tersebut (10/10/2017). Tim tersebut terdiri dari 3 siswa SMK Nuris Jember di antaranya Meliatiya Ariviyana (XII TKJ), Dytha Sofia (XII TKJ), dan Dwi Riski Utami (XII TKJ).

Hebatnya lagi, selisih nilai yang didapatkan tim resume SMK Nuris tidak terlalu jauh dengan SMA Negeri 1 Jember sebagai juara 1. Prestasi yang luar biasa bagi SMK Nuris Jember karena bisa bersaing dengan sekolah-sekolah favorit di kabupaten Jember.

Hanya dalam waktu kurang lebih 7 hari bagi tim resume SMK Nuris  Jember untuk mempersiapkan diri ikuti lomba tersebut. Mereka bagi tugas, sehingga semua isi dalam buku yang berjudul Adicerita Hamka (Visi Islam Sang Penulis Besar Untuk Indonesia Modern) dapat diceritakan kembali dengan baik. Tidak hanya itu, mereka juga berlatih untuk mempresentasikan hasil tulisan mereka. Sebab peserta harus mempresentasikan hasil resume yang ditulis setelah mengumpulkan hasil resume kepada panitia.

Keberhasilan SMK Nuris dalam lomba yang baru pertama diselenggarakan tersebut, tidak lepas dari campur tangan Sutrisno Gustiraja, S.Pd sebagai pembina sekaligus guru bahasa Indonesia sekolah kejuruan tersebut. Bimbingan, semangat, dan motivasi selalu diberikannya untuk keberhasilan siswa SMK Nuris Jember.

“Lomba Implementasi Budaya Baca ini merupakan lomba yang pertama digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember. Alhamdulilah saya sangat bangga karena anak-anak saya bisa tampil sebagai juara dan mengharumkan nama SMK Nuris Jember”, tutur Sutrisno.

“Saya harap dengan kemenangan ini, semangat baca mereka tidak hanya berhenti disini melainkan menjadi kebiasaan mereka. Membaca adalah jendela dunia, mereka bisa mengerti dunia karena membaca”, tambahnya.

Lomba tersebut diikuti oleh siswa SMA sederajat se-kabupaten Jember dan dipilih enam tim terbaik sebagai pemenang. Dari keenam tim terbaik tersebut, tiga di antaranya adalah lembaga Nuris yaitu SMA Nuris dan MA Unggulan Nuris Jember.

Berkat kemenangan itulah tim resume SMK Nuris berhasil membawa pulang piala kemenangan, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp.1.750.000.

(Baca juga:SMK Nuris Jember, Sekolah Kejuruan Eksis dengan Prestasi)

Mereka mengaku bersyukur dan tidak menyangka menjadi pemenang dalam lomba tersebut. “Awalnya saya tidak menyangka bisa menjadi juara dalam lomba Implementasi Budaya Baca ini mengingat singkatnya persiapan yang dilakukan. Alhamdulilah ini adalah buah kerja keras kami. Kami akan terus menjadikan membaca sebagai rutinitas kami, karena dengan kemenangan ini sama halnya kami dinobatkan sebagai duta membaca,” ungkap Dyta salah satu anggota tim resume SMK Nuris Jember. (Red/Yuv)

Related Post