Tak Ketinggalan, MA Unggulan Nuris Juarai Lomba Resume Buku Se-Kabupaten Jember

Pesantren Nuris- Tidak hanya SMA dan SMK Nuris saja yang berhasil pulang membawa kemenangan setelah ikuti ajang lomba Implementasi Budaya Baca di perpustakaan daerah Jember (10/10/2017). Lomba tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Jember.

Tim Resume MA Unggulan Nuris juga berhasil tampil sebagai juara dalam lomba tersebut. Mereka dapatkan juara harapan 2, setelah mengalahkan beberapa peserta lain asal SMA sederajat di kabupaten Jember.

Tim resume MA Unggulan Nuris Jember terdiri dari 3 siswa, yaitu M.Ilyas (XII IPA), Elvira (XII IPA), dan Laelatul Fajriah (XI PKB). Berkat perjuangan, kerja keras, dan kekompakan ketiganya mengantarkannya pada sebuah kemenangan. Mereka berhasil dapatkan juara harapan 2 dan mendapat apresiasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Jember berupa uang pembinaan dan sertifikat.

Resume yang ditulis oleh tiga santri tersebut merupakan resume buku Bung Karno Sang Singa Podium. Membutuhkan waktu yang relatif singkat bagi tiga siswa tersebut untuk membaca buku, menulis resume, membuat presentasi, hingga pratik mempresentasikan apa yang sudah diresum.

Ketiganya mengaku, melalui lomba Implementasi Budaya Baca mereka lebih bisa memaknai sebuah buku karena mereka dituntut untuk memaknai isi buku dengan menceritakan kembali. “Melalui lomba ini kami lebih memahami isi buku, kami bisa mengerti garis besar buku, bahkan kami bisa menceritakan kembali isi buku. Alhamdulilah kami menjadi salah satu pemenang dalam lomba tersebut, karena kami masih pemula”, ungkap M.Ilyas salah satu anggota tim resume MA Unggulan Nuris Jember.

Nilai yang diraih dalam lomba tersebut adalah 977, hanya selisih satu angka dengan juara harapan 1. Prestasi tersebut membuktikan bahwa MA Unggulan Nuris membiasakan santri-santrinya untuk menguasai ilmu secara komprehensif. Santri tidak hanya mempelajari ilmu agama, melainkan ilmu pengetahuan umum.

(Baca juga: Presentasi Jempolan, Siswa MTs Unggulan Nuris Rebut Piala Perpusda 2017)

“Saya bangga dengan prestasi siswa MA Unggulan Nuris yang tidak hanya berprestasi di bidang keagamaan melainkan juga beberapa bidang lain, contohnya adalah resume ini. Mereka adalah anak hebat siap berprestasi mengharumkan nama MA Unggulan Nuris”, ungkap Ning Balqis kepala MA Unggulan Nuris. (Red/Yuv/Nisa)

Related Post