Ahmad Fauzan, Juara 2 Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional di Jakarta

Ahmad Fauzan, Juara 2 Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional di Jakarta

Pesantren Nuris – Prestasi gemilang mengalir begitu deras bagi kebanggaan almamater Pesantren Nuris Jember. Yang terbaru, Ahmad Fauzan, siswa kelas XII PK A MA Unggulan Nuris berhasil menaklukan lebih dari 2000 peserta dalam Ajang Olimpiade Bahasa Arab tingkat Nasional di Gedung PPPPTK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Bahasa, Jakarta (06/10/2017).

Olimpiade Bahasa Arab bergengsi ini diselenggarakan oleh Forum MGMP (Musyawarah Guru Matapelajaran) Bahasa Arab se-Indonesia. Ketua Pelaksana, Ahmad Makki Hasan mengatakan, tujuan dari olimpiade ini  adalah untuk mensyiarkan bahasa Arab di Indonesia khususnya bagi siswa-siswi tingkat SMA/sederajat.

Sejauh ini, tambahnya, sudah ada beberapa sekolah yang mendaftar, diantaranya dari Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, dan Sulawesi. Hampir seluruh daerah di Nusantara mendelegasikan siswa terbaiknya dalam lomba yang pertama kali diinisiasi oleh forum MGMP bahasa Arab tersebut.

(baca juga: Sanggar Pramuka MA Unggulan Nuris Juara Umum LPPP Dispora Kabupaten Jember 2017)

Seperti yang telah dikutip dari http://www.mirajnews.com) Pendaftaran sudah dibuka sejak 25 Maret 2017 dan akan ditutup pada 25 April 2017 pukul 15.00 WIB, seleksi tingkat kota (sesi 1) 26 April 2017 via online, Seleksi tingkat provinsi (sesi 2) 29 April 2017 via offline, dan Seleksi olimpiade tingkat nasional (sesi 3 online dan sesi 4 ofline di Jakarta) 6 November 2017.

Melalui proses panjang tersebut, akhirnya Ahmad Fauzan, peserta yang pernah mengikuti NSEP (Nuris Student Exchange Programme) Mesir dan Arab Saudi 2017 mampu menyisihkan ribuan peserta mulai dari kabupaten, provinsi, hingga menjadi puluhan peserta terbaik. Puncaknya, Fauzan sukses merebut juara 2 se-Indonesia.

“Bangga sekali dan bersykur kepada Allah SWT. atas kesempatan ini. Bertemu dengan peserta dari sekolah yang tak kalah mumpuni dalam berbahasa Arab. Senang, bisa berkomunikasi berbahasa Arab di setiap momen selama di Jakarta.” Kata Fauzan sumringah.

Gus Abduh, Kepala Humas Yayasan Nurul Islan Jember, mendampingi langsung perhelatan olimpiade akbar tersebut. Dia menuturkan, “Ini kualitas yang berbicara dalam memberi bukti. MA Unggulan Nuris mampu bersanding dengan madrasah top lainnya. Hebatnya lagi menjadi juara 2 nasional. Ini benar-benar mengantarkan MA Unggulan Nuris go international”.

(baca juga: Santri Kebanggaan Kota Jember, Izza Nur Layla Raih Santri of The Year 2017)

Adapun sepuluh terbaik lomba tersebut yakni, Dinda Febiana L, juara 1 (MAN Insan Cendikia Gorontalo), Ahmad Fauzan, juara 2 (MA Unggulan Nuris), Vina Mahyona, juara 3 (MAN Insan Cendekia Paser), Aidil Ifda, terbaik 4 (MAN 1 Batam Kepulauan Riau), Syafinatul Izzah A, terbaik 5 (MAN Insan Cendekia Serpong).

Terbaik 6 diraih oleh Ulinnajwa (MAN Kembangsawit Madin), terbaik 7, Afifah Nurul J. (MA Husnul Khotimah), terbaik 8, Libna Rizqy R. (MAN 4 Jakarta), terbaik 9, Anis Maghfiroh (MAN Kembangsawit Madin), dan terbaik 10 oleh Izza Syifa Kamila (MAN 4 Jakarta).[AF.Red]

Related Post