Sanggar Pramuka MA Unggulan Nuris Juara Umum LPPP Dispora Kabupaten Jember 2017

Sanggar Pramuka MA Unggulan Nuris Juara Umum LPPP Dispora Kabupaten Jember 2017

Pesantren Nuris – Luar biasa, Sanggar Pramuka MA Unggulan Nuris dominasi Lomba Prestasi Pramuka Penegak (LPPP/LP3) yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jember (13-15/09/2017). Berkat raihan tropi dan poin penuh dalam 5 bidang yang dilombakan seperti Giat Kreativitas, Giat Ketangkasan, Giat Seni-Budaya, Giat Keterampilan, dan Giat Pengetahuan, Mereka rebut Juara Umum Pramuka Penegak Se-Kabupaten Jember.

Menjadi suatu yang mengejutkan, pasalnya Sanggar Pramuka MA Unggulan Nuris mampu menyisihkan banyak sekolah langganan juara dalam ajang rutinan ini. Semisal, Sanggar Pramuka SMAN 2 Jember, SMAN 5 Jember, SMKN 5 Jember dan lain-lainnya. Kegigihan dan persiapan yang matang, membuat Sanggar Pramuka binaan Kak Ilyas ini menorehkan prestasi gemilang dan viral se-Kabupaten Jember.

(baca juga: Tak disangka, M. Ilyas Rebut Juara OBI 2017 Taklukkan 1.800 Peserta Se-Jatim)

Menurut M. Dedy Nurahmadi, Kepala Dispora Kabupaten Jember, LPPP 2017 diikuti oleh lebih dari 600 peserta atau sekitar 38 sanggar Pramuka baik putra maupun putri. Ajang yang bertujuan  mewadahi generasi muda untuk berkerasi, berimprovisasi dalam mencintai budaya bangsa ini dibuka oleh Wakil Bupati Jember, Drs. Muqit Arief di lapangan gedung pramuka Kabupaten Jember.

Perkemahan ini berlangsung sekitar 3 hari sejak hari Rabu, 13 September 2017 hingga hari Jumat, 15 September 2017. Meski jadwalnya dimajukan dari jadwal sebenarnya yakni, pada hari Sabtu 16 September 2017, namun Sanggar Pramuka MA Unggulan Nuris tetap siap melewati beberapa perlombaan dengan sukses.

Terbukti, dari beberapa bidang Giat yang dilombakan, mereka mampu meraih medali emas seperti Giat Ketangkasan, Giat Keterampilan, Giat Seni Budaya, dan Giat Kreativitas. Sanggar Pramuka MA Unggulan Nuris hanya melewatkan Giat Pengetahuan yang kurang maksimal, meski begitu mereka tetap dinobarkan sebagai juara Umum kategori putra. Juara 2 diraih oleh SMAN 1 Jember, juara 3 oleh MA Al Misri, Balung, Jember.

(baca juga: MA Unggulan Nuris, Madrasah Segudang Prestasi)

“Saya sempat menitikkan air mata haru atas prestasi membanggakan ini. Sayang kami hanya mengikutkan yang putra, seandainya Sanggar Putri juga terlibat mungkin saja kami bisa mengawinkan juara umum ini.” Ungkap M. Ikhlasul AK, pradana Sanggar Pramuka MA Unggulan Nuris tersebut.

Kak Ilyas, Pembina Sanggar Pramuka MA Unggulan Nuris juga turut menyampaikan apresiasi terhadap capaian anak didiknya. “Setelah beberapa lomba sebelumnya kami belum beruntung, kali ini kami langsung bisa juara umum mengalahkan sekian sekolah negeri favorit. Semua berkat kesiapan mental dan latihan yang disiplin.” Ungkapnya.

(baca juga: Ayo Dukung Santri Pesantren Nuris Jember Jadi Santri Of The Year 2017)

“Setelah juara ini, banyak sekolah lain yang menanyakan siapa Pembina Sanggar Pramuka MA Unggulan Nuris. Bahkan, ada sekolah yang mangundang kami untuk latihan gabungan di sekolah mereka. Alhamdulillah, saya bangga sekali. Namun, kami terus mengevaluasi hasil lomba kemarin dan terus berbenah untuk lomba berikutnya.” Imbuh Kak Ilyas.[AF.Red]

Related Post