Dipamerkan di Surabaya, Produk Karya Santri Nuris Banjir Pujian

Pesantren Nuris – Produk karya santri Pesantren Nuris Jember dipamerkan di Hotel Grand Mirama Mercure Surabaya (13-14/11/2017).  Produk karya santri yang dipamerkan di antaranya Generator Termo Elektrik, Alat Penetas Telur, Water Rocket, dan Robot Line Follower.

Keempat produk karya santri Pesantren Nuris Jember tersebut, bisa bersaing dengan produk-produk karya sekolah lain se-Jatim. SMA Nuris Jember ditunjuk sebagai sekolah swasta yang mewakili Jember dalam pameran tersebut, karena memiliki banyak produk yang dihasilkan siswa.

Respon positif dari pengunjung pameran ditunjukkan dengan antusias mereka untuk mencoba menggunakan produk-produk karya santri Nuris. Bahkan mereka ingin study tour ke Nuris dan menjalin kerja sama dengan Nuris.

“Produk yang dipamerkan Nuris benar-benar luar biasa, saya begitu kagum mereka bisa menciptakan produk tersebut. Tadi saya sempat mencoba Generator Termo Elektrik dan terbukti sampah yang dibakar bisa menghasilkan energi listrik,” ungkap salah satu pengunjung pameran.

Generator Termo Elektrik adalah alat yang diciptakan oleh tim Robotika Pesantren Nuris Jember. Alat tersebut dapat mengubah energi panas menjadi energi listrik. Energi panas didapat dari sampah yang dibakar.

Selain itu, tim Robotika Pesantren Nuris Jember juga berhasil ciptakan alat penetas telur otomatis. Alat penetas telur tersebut dapat memperkecil kecacatan, kapasitas lebih banyak, dan dapat mempercepat waktu menetasnya telur. Alat penetas telur otomatis tersebut juga dapat menyesuaikan suhu secara otomatis.

Robot Line Follower merupakan robot yang bisa berjalan sesuai dengan garis lintas tanpa menggunakan remot. Jadi, robot tersebut dapat menyesuaikan diri terhadap lintasannya. Yang terakhir, Water Rocket sebagai alat peraga pembelajaran fisika turut juga dipamerkan.

Pameran tersebut dilaksanakan sebagai bentuk hiburan untuk peserta rapat MKKS se-Jatim.  Tiga siswa yang merupakan anggota Msains Robotika dan Fisika turut andil dalam perhelatan tersebut. Mereka adalah Rifqi, Indra, dan M. Firman, ketiganya bertugas menjaga dan menginformasikan kelebihan produk-produk mereka.

(Baca juga: Robotika Nuris, Berhasil Pertahankan Gelar Juara Nasional di Malang)

Mengikuti pamerean adalah pengalaman baru bagi mereka. “Saya senang sekali bisa memperkenalkan produk-produk karya santri Nuris. Ini menunjukkan bahwa santri tidak hanya pandai di bidang kaeagamaan melainkan juga di bidang sains,” ungkap Rifqi.  Bahkan, yang membuat kami bangga adalah tidak sedikit pengunjung yang mencoba beberapa produk canggih karya santri Nuris,” imbuhnya. (Red/Yuv)

Related Post