Tips Menghemat Uang Ala Santri

Pesantren Nuris – Hemat merupakan sikap berhati-hati dalam menggunakan uang, barang, tenaga, pikiran, dan waktu. Notabene hemat identik dengan upaya untuk menggunakan uang secara berhati-hati.

Semua manusia pasti memiliki banyak kebutuhan dan tidak pernah puas dengan apa yang dimiliki. Misalnya ada seorang siswa mempunyai keinginan untuk punya gadget baru, ketika sudah terpenuhi dan ada produk gadget baru lagi akan muncul keinginan untuk membeli gadget model terbaru tersebut. Hemat merupakan tombak untuk menghdang keinginan tersebut.

Lalu bagaimana dengan seorang santri? Santri tergolong siswa yang  mandiri dan jauh dari orang tua. Ngapa-ngapain mereka harus sendiri termasuk me-manage  uang saku. Namun, karena koperasi dan kantin sekolah selalu menjajakan snack-snack yang menggugah nafsu untuk jajan, seringkali hasrat untuk berhemat tersebut sirna.

Apa kalian pernah risau hanya karena susah berhemat? Tenang saja kali ini  santri Pesantren Nuris Jember memiliki beberapa tips unik untuk mengatasinya. Sekali Anda coba pasti ketagihan? hehe…. ok, yuks intip langkah-langkahnya:

Pertama           : Gunakan uang kalian seperlunya saja

Kedua             : Belilah sesuatu secukupnya

Ketiga             : Ingatlah masih ada hari esok untuk membelinya

Keempat          : Tabungkan uang kalian di sekolah

Kelima             : Ingatlah masih banyak sesuatu yang kalian butuhkan suatu saat nanti.

Itulah beberapa tips hidup hemat Santri Pesantren Nuris Jember. Tips itu sudah diterapkan ratusan santri Pesantren Nuris Jember lohhh. Tak heran banyaknya kantin di sekolah memberikan banyak godaan pula untuk santri. Eissttt godaan “setan” untuk jajan. Ini tips hebat, tanpa biaya pula.

(Baca juga:Tips Cerdas dan Unik Usir Kantuk di Kelas Ala Santri Nuris)

Demikian tips hidup hemat, ala Santri Pesabtren Nuris Jember. So, sampai jumpa kembali dengan tips-tips kami berikutnya.[Alfin]

 

 

Related Post